Show simple item record

dc.contributor.advisorTRAPSILASIWI, Dinawati
dc.contributor.advisorKURNIATI, Dian
dc.contributor.authorKHUMAIDAH, Afni Nurvita
dc.date.accessioned2017-08-02T03:23:08Z
dc.date.available2017-08-02T03:23:08Z
dc.date.issued2017-08-02
dc.identifier.nimNIM130210101010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80618
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat dan menghasilkan perangkat berupa RPP dan LKS. Terkait dengan hal itu akan disertakan pula (1) validasi perangkat, (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan (4) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat. Dalam penelitian ini, produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran yang meliputi 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan 2 Lembar Kerja Siswa (LKS). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Modifikasi ini terjadi pada prosedur penelitian yaitu tidak adanya proses penyebaran. Dengan demikian tahap pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Tahap pendefinisian dan tahap perancangan menghasilkan draft I. Perangkat pada draft I kemudian divalidasi dan direvisi sehingga menghasilkan draft II. Setelah itu dilakukan uji keterbacaan dengan meminta siswa untuk membaca LKS. Perangkat hasil uji keterbacaan kemudian direvisi sebelum dilakukan uji coba lapangan dan dinamakan draft III. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 4 Jember. Perangkat hasil uji coba dianalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat. Tingkat kevalidan dilihat berdasarkan hasil uji valdasi perangkat dan menunjukkan persentase validasi RPP dan LKS adalah 3,79. Tingkat kepraktisan perangkat dilihat berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran yang menunjukkan koefisien sebesar 2,88 dan 2,90. Tingkat keefektifan perangkat dilihat berdasarkan analisis aktivitas siswa yang menunjukkan koefisien sebesar 89,94% dan 91,53%, banyaknya siswa yang memberikan respon positif sebesar 92,38%, dan aspek pengetahuan siswa yang dapat diketahui dari hasil rata-rata minimum yang diperoleh siswa pada LKS yaitu 80. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada ketagori valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210101010;
dc.subjectPERANGKAT PEMBELAJARANen_US
dc.subjectMODEL KOLABORATIFen_US
dc.subjectKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOLABORATIF PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record