Show simple item record

dc.contributor.authorFaiz Nour Rohmah
dc.date.accessioned2013-08-21T06:56:58Z
dc.date.available2013-08-21T06:56:58Z
dc.date.issued2013-08-21
dc.identifier.nimNIM070210102113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/805
dc.description.abstractBerdasarkan data hasil observasi awal dan wawancara yang dilaksanakan pada awal bulan Agustus di kelas X.C MAN 2 Jember, ditemukan rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Hasil aktivitas belajar siswa tergolong rendah yaitu dari 44 siswa dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar bahwa 53,03 % siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru, 47,72 % siswa yang aktif mengerjakan soal, 25,57 % siswa yang aktif bertanya, dan 50 % siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa 44,08 %. Sedangkan berdasarkan data ulangan harian kelas X.C dari 44 siswa ketuntasan hasil belajar juga tergolong rendah yaitu hanya 31,81 % yang dapat dinyatakan tuntas belajar dengan ketuntasan secara klasikal yaitu 75% dan KKM yang harus ditempuh siswa yaitu minimal mendapatkan nilai ≥ 70. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model latihan penelitian disertai performance assessment untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika pada Siswa kelas X.C MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar fisika menggunakan model latihan penelitian disertai performance assessment pada siswa kelas X.C MAN 2 Jember; (2) mendeskripsikan peningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model latihan penelitian disertai performance assessment pada siswa kelas X.C MAN 2 Jember. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah: (1) bagi guru, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi baru dan menjadi alternative pemecahan masalah dalam memperbaiki kegiatan belajar mengajar; (2) bagi lembaga Pendidikan dan Sekolah yang terkait, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi peningkatan mutu pendidikan; (3) bagi peneliti, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman serta dapat dijadikan bekal sebelum terjun langsung sebagai guru yang professional; (4) bagi peneliti lain, dapat menjadi sumber informasi dan bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya. Subyek penelitian ini yaitu kelas X.C MAN 2 Jember sebanyak 44 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi. Rancangan penelitian menggunakan Siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins. Teknik Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Data hasil analisis memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan siklus II yaitu dari 39,57% menjadi 72,33% dan 86,47%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I, sebesar 31,82% yaitu dari 36,36% menjadi 68,18% jumlah siswa yang tuntas secara individu yaitu 30 siswa. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus ke siklus II dengan peningkatan sebesar 54,94% yaitu dari 36,36% menjadi 90,90% dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu yaitu 40 siswa. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan model latihan penelitian disertai performance assessment pada siswa kelas X.C MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102113;
dc.subjectKETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA, PERFORMANCE ASSESSMENTen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL LATIHAN PENELITIAN DISERTAI PERFORMANCE ASSESSMENT PADA SISWA KELAS X.C MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record