| dc.description.abstract | Berdasarkan  data  hasil  observasi  awal  dan  wawancara  yang  dilaksanakan 
pada  awal  bulan  Agustus  di  kelas  X.C  MAN  2  Jember,  ditemukan  rendahnya 
aktivitas  dan  ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa.  Hasil  aktivitas  belajar  siswa 
tergolong  rendah  yaitu  dari  44  siswa  dari  hasil  observasi  dan  wawancara  dengan 
guru  pengajar  bahwa  53,03  %  siswa  yang  aktif  memperhatikan  penjelasan  guru, 
47,72  %  siswa  yang  aktif  mengerjakan  soal,  25,57  %  siswa  yang  aktif  bertanya, 
dan 50 % siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor rata-rata aktivitas 
belajar siswa 44,08 %. Sedangkan berdasarkan data ulangan harian kelas X.C dari 
44 siswa ketuntasan hasil belajar juga tergolong rendah yaitu hanya 31,81 % yang 
dapat  dinyatakan  tuntas  belajar  dengan  ketuntasan  secara  klasikal  yaitu  75%  dan 
KKM yang harus ditempuh siswa yaitu minimal mendapatkan nilai ≥ 70. 
Berdasarkan  uraian  di  atas,  maka  diperlukan  perbaikan  pembelajaran 
dengan  menerapkan    model  latihan  penelitian  disertai  performance  assessment 
untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika pada Siswa kelas 
X.C  MAN  2  Jember  Tahun  Ajaran  2011/2012.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah: 
(1)  mendeskripsikan  peningkatkan  aktivitas  belajar  fisika  menggunakan  model 
latihan penelitian disertai  performance assessment pada  siswa kelas X.C MAN  2 
Jember;  (2)  mendeskripsikan  peningkatkan  ketuntasan  hasil    belajar  fisika  siswa 
menggunakan  model  latihan  penelitian  disertai  performance  assessment  pada 
siswa  kelas  X.C  MAN  2  Jember.  Sedangkan  manfaat  dari  penelitian  ini  adalah: 
(1) bagi guru, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi baru 
dan  menjadi alternative pemecahan  masalah dalam  memperbaiki kegiatan  belajar 
mengajar;  (2)  bagi  lembaga  Pendidikan  dan  Sekolah  yang  terkait,  diharapkan dapat  memberikan  sumbangan  pemikiran  bagi  peningkatan  mutu  pendidikan;  (3) 
bagi peneliti, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman serta dapat dijadikan 
bekal  sebelum  terjun  langsung  sebagai  guru  yang  professional;  (4)  bagi  peneliti 
lain,  dapat  menjadi  sumber  informasi  dan  bahan  pertimbangan  untuk  penelitian 
selanjutnya. 
  Subyek penelitian  ini  yaitu kelas X.C MAN 2 Jember sebanyak 44 siswa. 
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan 
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi.  
Rancangan  penelitian  menggunakan  Siklus  Penelitian  Tindakan  Kelas  Model 
Hopkins.  Teknik  Analisis  data  menggunakan  analisis  statistik  deskriptif. 
Persentase  aktivitas  belajar  digunakan  untuk  mengetahui  peningkatan  aktivitas 
belajar  siswa  antara  pembelajaran  pada  siklus  1  dan  siklus  2.  Persentase 
ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil 
belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. 
  Data  hasil  analisis  memperlihatkan  bahwa  prosentase  aktivitas  siswa 
secara  klasikal  mengalami  peningkatan  dari  pra  siklus  ke  siklus  I  dan  siklus  II 
yaitu dari 39,57% menjadi 72,33% dan 86,47%. Berdasarkan analisis hasil belajar 
pada  siklus  I  dan  siklus  II  diperoleh  ketuntasan  hasil  belajar  dengan  peningkatan 
ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I, sebesar 31,82% yaitu dari 
36,36% menjadi 68,18% jumlah siswa yang tuntas secara individu yaitu 30 siswa. 
Ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus ke siklus II dengan peningkatan 
sebesar  54,94%  yaitu  dari  36,36%  menjadi  90,90%  dengan  jumlah  siswa  yang 
tuntas secara individu yaitu 40 siswa.  
Berdasarkan  pada  hasil  dan  analisis  data  yang  ditunjukkan  pada  siklus  I 
dan  siklus  II,  dapat  disimpulkan  bahwa  terdapat  peningkatan  aktivitas  dan 
ketuntasan  hasil  belajar  fisika  menggunakan    model  latihan  penelitian  disertai 
performance  assessment  pada  siswa  kelas  X.C  MAN  2  Jember  Tahun  Ajaran 
2011/2012. | en_US |