PERENCANAAN JEMBATAN GANTUNG KELAS I DESA NGULING KECAMATAN NGULING KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Menurut SNI-03-3428-1994, jembatan gantung adalah jembatan dimana
seluruh beban lalu lintas dan gaya-gaya yang bekerja dipikul oleh sepasang kabel
pemikul yang menumpu di atas 2 pasang menara/pylon dan 2 pasang blok angker.
Jembatan gantung pejalan kaki adalah jembatan gantung yang hanya boleh
dilewati oleh lalu lintas pejalan kaki.
Hasil Penelitian didapatkan panjang bentang jembatan adalah 20 meter,
lebar lantai kendaraan 1,8 meter, ketinggian jembatan dari muka air 8,5 meter.
Lantai kendaraan menggunakan deck kayu 8/35 kayu kelas kuat II. Gelagar
memanjang menggunakan WF.150.100.6.9, Gelagar melintang menggunakan
profil C.180.70.8. Kabel utama menggunakan sling baja ∅20 (6x19) dan kabel
penggantung menggunakan sling baja ∅8 (6x19). Menara (pylon) menggunakan
profil WF.200.200.12.12, batang horizontal menggunakan profil C.180.70.8.
Lendutan yang terjadi pada seperempat bentang adalah 0.0281 meter lebih kecil
dari lendutan yang diijinkan yaitu L/200 bentang jembatan.
Collections
- DP-Civil Engineering [111]