Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuni, Sri
dc.date.accessioned2017-07-20T08:58:51Z
dc.date.available2017-07-20T08:58:51Z
dc.date.issued2017-07-20
dc.identifier.issn1412-0917
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80427
dc.descriptionJurnal Pengajaran MIPA, Volume 20, Nomor 2, Oktober 2015, hlm. 196-203en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengembangkan petunjuk praktikum IPA yang valid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Indikator kemampuan berpikir kritis siswa mencakup interprestasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan metode Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Validasi ahli dilakukan dengan uji expert terkait dengan format, isi/materi, dan bahasa, sedangkan uji coba produk diberikan kepada 35 siswa di salah satu SMP di Jember. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, lembar validasi, lembar observasi, pretest dan posttest. Hasil tes maupun praktikum menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai ratarata Ngain 0,5 dengan interpretasi sedang. Pengembangan petunjuk praktikum IPA yang dikembangkan dalam kategori layak sehingga cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPetunjuk Praktikumen_US
dc.subjectIlmu Pengetahuan Alamen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record