Show simple item record

dc.contributor.authorErmika Cahya Widayanti
dc.date.accessioned2013-08-21T06:50:54Z
dc.date.available2013-08-21T06:50:54Z
dc.date.issued2013-08-21
dc.identifier.nimNIM070210102081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/803
dc.description.abstractDari data hasil observasi awal kelas VII B SMP Negeri 2 Balung, ditemukan ketuntasan hasil belajar fisika siswa rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VII B dari 36 siswa hanya 25% yang mendapatkan nilai ≥ 71. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dengan indikator aktivitas belajar siswa meliputi : (1) mengerjakan soal di depan kelas , (2) mengajukan pertanyaan, (3) mengerjakan tugas (4) mencatat diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 28,47 %. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Balung. Model pembelajaran POE adalah model pembelajaran yang bersifat konstruktivis karena siswa diberi kebebasan memikirkan persoalan fisika yang diajukan dan siswa mencoba membangun pengetahuanya sendiri lewat berpikir (predict), praktik (observe) dan mencari penjelasannnya (explain). Pembelajaran ini mencerminkan kegiatan belajar yang sesuai dengan hakikat fisika yang terdiri dari aspek produk, proses, dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika, peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dan proses meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Balung Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII B SMP Negeri 2 Balung yang dimulai tanggal 22 November 2011 semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Dari data hasil analisis aktivitas belajar didapatkan bahwa besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 39,82%, pada siklus 1 mencapai 66,41% yang dapat dikategorikan aktif dengan peningkatan sebesar 26,59% dan pada siklus 2 mencapai 80,56% yang dikategorikan aktif dengan peningkatan sebesar 40, 74%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus adalah sebesar 19,44%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 69,44% dan pada siklus 2 sebesar 83,33%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Normalized Gain pada siklus 1 dibanding pra siklus sebesar 0,49 dan siklus 2 dibanding pra siklus sebesar 0,54 peningkatan tersebut tergolong sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Proses dalam meningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) yaitu dengan melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan memberikan permasalahan lalu siswa mempraktikkan dan mencari penjelasan. Dari tahap-tahap model pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) tersebut siswa akan lebih termotivasi sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Proses meningkatkan ketuntasan hasil belajar meningkat karena penyelesaian persoalan tersebut diperoleh dengan siswa melakukan eksperimen dan melalui proses ilmiah meliputi membuat prediksi, mengumpulkan data, menganalisis data, dan merumuskan kesimpulan. Sehingga siswa lebih mengingat materi yang diberikan dan siswa dengan mudah dalam mengerjakan soal yang diberikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102081;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN)en_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record