Show simple item record

dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.advisorHarijanto, Alex
dc.contributor.authorSafitri, Lisa Ina
dc.date.accessioned2017-07-11T06:40:36Z
dc.date.available2017-07-11T06:40:36Z
dc.date.issued2017-07-11
dc.identifier.nimNIM120210102082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80313
dc.description.abstractFisika dalam pembelajaran atau pelaksanaan pendidikan dibangun dari serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip dan teori. Proses dalam pembelajaran fisika merupakan proses dari perolehan pengetahuan siswa. Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru mata pelajaran fisika dan siswa di beberapa SMA kabupaten Jember. Para guru di sekolah lebih menitikberatkan pada kemampuan kognitif, hal ini didorong oleh rasa tanggung jawab guru untuk mencetak lulusan dengan nilai yang tinggi. Fakta di lapangan menunjukan bahwa fisika dalam prosesnya cenderung monoton dalam menerapkan metode pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut akan berdampak pada siswa pasif memperoleh pengetahuan karena lebih sering menggunakan metode ceramah, metode penugasan dan diskusi dalam penyelesaian soal-soal tanpa adanya kegiatan proses dalam memperoleh pengetahuan. Berdasarkan permasalahan yang ada, diperlukannya suatu penerapan pembelajaran yang akan mempermudah siswa dalam mengkontruksi pengetahuan. Salah satu alternatifnya dengan menumbuhkan keterampilan proses sains dalam memecahkan suatu permasalahan yang akan mengembangkan kemampuan berpikir untuk mengkonstruksikan pengetahuan yang diberikan. Kemampuan pemecahan masalah ini harus didukung oleh tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang tinggi, sehingga diperlukannya penekanan beberapa representasi yaitu menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS berbasis multirepresentasi. viii Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama penerapan model Creative Problem Solving disertai LKS berbasis multirepresentasi pada mata pelajaran fisika di salah satu SMA kabupaten Jember dan mengkaji perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara setelah pembelajaran fisika dengan menggunakan model Creative Problem Solving disertai LKS berbasis multirepresentasi dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif yang biasa digunakan di SMA kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan setelah uji homogenitas, dimana jumlah populasi kelas XIIPA sebanyak 4 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Desain penelitian menggunakan Post Test Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, portofolio, dan tes. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian observer, dan Post-test. Analisa data menggunakan Independent Samples T-test pada software SPSS 22 untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil analisis Independent Samples T-test untuk menguji hipotesis kedua diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi < 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persentase keterampilan proses sains siswa rata-rata pada pertemuan 1,2, dan 3 sebesar 74,6 yang tergolong dalam kriteria ‘cukup baik’. Berdasarkan hasil analisis di atas maka kesimpulan pada penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Creative Problem Solving disertai LKS berbasis multirepresentasi termasuk dalam kategori baik; dan (2) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model Creative Problem Solving disertai LKS berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran kooperatif di SMA Negeri 1 Jenggawah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102082;
dc.subjectModel Creative Problem Solvingen_US
dc.subjectLKS Berbasis Multirepresentasien_US
dc.titleModel Creative Problem Solving disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Kabupaten Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record