• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS III SDN KEBONSARI 04 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    YUNITA ARIYULI (-1394174612)_1.pdf (311.6Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    YUNITA ARIYULI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa di dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, pemberian tugas berupa latihan-latihan, serta guru tidak pernah memanfaatkan media pembelajaran. Hal tersebut berdampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa rendah sedangkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas dinyatakan bahwa materi pecahan merupakan salah satu materi yang sulit dipahami siswa. Bertolak dari hal tersebut maka pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pendekatan yang tepat untuk diterapkan pada materi pecahan. Pembelajaran RME memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru melalui proses asimilasi dan akomodasi sehingga belajar lebih bermakna sedangkan peran guru sebagai fasilitator siswa dalam belajar. Berdasarkan hal di atas maka perlu dilaksanakan pembelajaran materi pecahan dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas 3 SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah yaitu sebagai berikut: bagaimanakah penerapan pendekatan RME, bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan pendekatan RME serta bagaimanakah persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan RME. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai berikut: mendeskripsikan penerapan pendekatan RME, meningkatkan aktivitas siswa serta presentase ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 22 November-26 Maret 2012, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 3C SDN Kebonsari 04 Jember yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisa data deskriptif kualitatif serta analisa data kuantitatif. Penerapan pendekatan RME yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut: penyajian masalah kontekstual dengan memanfaatkan media di awal pembelajaran, siswa berkelompok mengerjakan masalah kontekstual tersebut dengan cara mereka sendiri, kelompok mempresentasikan hasil pengerjaan LKS di depan kelas kemudian dibahas bersama guru untuk mencapai bentuk matematika formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada setiap siklus pembelajaran dikategorikan sangat aktif dimana rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 84,54% sedangkan pada siklus II mencapai 88,28%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai tuntas pada siklus I dan siklus II, dimana pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90,24% sedangkan pada siklus II mencapai 92,31%. Berdasarkan hal tersebut maka pelaksanaan pembelajaran pada siklus II dimaksudkan untuk meyakinkan hasil atau pemantapan keberhasilan pembelajaran pada siklus I. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 3C SDN Kebonsari 04 Jember pada pokok bahasan pecahan. Saran yang dapat diberikan: bagi guru yang ingin menerapkan pendekatan RME, hendaknya memberikan bimbingan yang tepat dan menyeluruh pada saat siswa menyelesaikan LKS dengan menggunakan media, diskusi, presentasi, bertanya dan membuat kesimpulan serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat membuat LKS yang sederhana dan jelas sehingga mempermudah siswa untuk mengerjakannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8010
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository