Show simple item record

dc.contributor.authorZahroul F, Chumi
dc.date.accessioned2017-04-06T03:14:59Z
dc.date.available2017-04-06T03:14:59Z
dc.date.issued2017-04-06
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80043
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Pendidikan, dengan tema “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi“en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas keterampilan sosial dan hasil belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah kajian IPS SD melalui penerapan penilain teman sejawat. Subyek penelitian mahasiswa PGSD FKIP UNEJ semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Hasil observasi awal menunjukkan aktivitas keterampilan sosial mahasiswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar ujian tengah semester dalam kategori kurang baik. Metode penelitian bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar, yang didesain dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas keterampilan sosial mahasiswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 19,78% dengan rata-rata persentase ketercapaian 60,89% termasuk kriteria cukup aktif. Aktivitas keterampilan sosial mahasiswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,21% dengan rata-rata persentase 71,1% termasuk kriteria aktif. Hasil belajar mahasiswa siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,64%, secara klasikal rata-rata persentase ketercapaian 68,37% kriteria cukup baik. Hasil belajar mahasiswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,53% secara klasikal sebesar 75,9% kriteria baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectpenilain teman sejawaten_US
dc.subjectketerampilan sosial dan hasil belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PENILAIN TEMAN SEJAWAT PADA PEMBELAJARAN KAJIAN IPS SDen_US
dc.typeAbstracten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record