dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas
keterampilan sosial dan hasil belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah
kajian IPS SD melalui penerapan penilain teman sejawat. Subyek penelitian
mahasiswa PGSD FKIP UNEJ semester gasal tahun pelajaran 2015/2016.
Hasil observasi awal menunjukkan aktivitas keterampilan sosial mahasiswa
dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar ujian tengah semester dalam
kategori kurang baik. Metode penelitian bertujuan untuk memperbaiki
proses dan hasil belajar, yang didesain dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas
keterampilan sosial mahasiswa pada siklus I mengalami peningkatan
sebesar 19,78% dengan rata-rata persentase ketercapaian 60,89% termasuk
kriteria cukup aktif. Aktivitas keterampilan sosial mahasiswa pada siklus II
mengalami peningkatan sebesar 10,21% dengan rata-rata persentase 71,1%
termasuk kriteria aktif. Hasil belajar mahasiswa siklus I mengalami
peningkatan sebesar 8,64%, secara klasikal rata-rata persentase
ketercapaian 68,37% kriteria cukup baik. Hasil belajar mahasiswa siklus II
mengalami peningkatan sebesar 7,53% secara klasikal sebesar 75,9%
kriteria baik. | en_US |