dc.description.abstract | Hasil observasi yang dilakukan diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD
Negeri Sumberpakem 01 masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menerapkan
metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran
IPA materi energi panas dan bunyi di SDN Sumberpakem 01 Bondowoso. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model skema Hopkins yang terdiri dari 2
siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN Sumberpakem 01 Bondowoso dengan jumlah 31 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis
data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian, diperoleh data bahwa persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 74,19 %
(kategori baik), pada siklus II sebesar 80,22 % (kategori tinggi). Aktivitas belajar siswa dari siklus
I ke siklus II meningkat sebesar 6,02 %. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar
71,13 , pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,81 . Hasil belajar siswa
mengalami peningkatan sebesar 3,68 dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu
penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi energi
panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN Sumberpakem 01 Bondowoso. | en_US |