Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Islami, Novita
dc.date.accessioned2017-03-30T04:22:17Z
dc.date.available2017-03-30T04:22:17Z
dc.date.issued2017-03-30
dc.identifier.isbn978-602-74798-9-0
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79977
dc.descriptionSeminar Nasional Pendidikan Ekonomi Jilid 2 Peran Pendidikan Etika Dalam Membangun Peradaban Bangsaen_US
dc.description.abstractEra globalisasi yang terbuka dewasa ini, mendorong terpaan informasi sangat memungkinkan seseorang mengadopsi nilai-nilai, pengetahuan, dan kebiasaan luar lingkungan sosialnya dan jauh dari jangkauannya secara fisik. Pertukaran informasi termasuk nilai antarbangsa berlangsung secara cepat dan penuh dinamika, sehingga mendorong terjadinya proses perpaduan nilai, kekaburan nilai, bahkan terkikisnya nilai-nilai asli yang sebelumnya menjadi identitas suatu bangsa. Generasi Z yang lahir pada antara tahun 1998 – 2009 terlahir ditengah tingginya perkembangan ICT. Kondisi tersebut menjadikan generasi ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Kehidupan generasi Z lebih akrab dengan teknologi informasi, sehingga memiliki kecenderungan pola perilaku yang berbeda pula. Akrabnya generasi ini dengan teknologi informasi menjadikan pengalaman interaksi sosial secara langsung sangat rendah. Rendahnya pengalaman interaksi sosial dalam pengalaman perkembangan hidup individu, dapat memberikan kecenderungan individu tersebut kurang peka terhadap kehidupan dilingkungan terdekatnya. Bahkan kemungkinan terburuknya adalah munculnya krisis etika. Oleh karena itu, hal ini harus diantisipasi sejak dini. Dalam kondisi ini konsep desain pengembangan dengan keterpaduan tiga pilar pendidikan yang tidak dapat dipisahkan yakni satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat dapat memberikan fungsi. Pemantapan etika bagi generasi muda dapat memberikan dampak positif terhadap mantapnya karakter bangsa, oleh karena itu pendidikan etika harus dimulai sejak dini, terintergrasi dan berkesinambungan. Penanaman nilai di dalam keluarga, di sekolah, dan dilingkungan sosial untuk memahami dalam membangun moral reasoning dan mengembangkan kemampuan dan menumbuhkan nilai serta sikap yang serasi dengan tuntutan pembangunan dan kehidupan Bangsa lndonesia yang modern.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectpendidikanen_US
dc.subjectnilai etikaen_US
dc.subjectgenerasi Zen_US
dc.titlePengembangan Pendidikan Berbasis Nilai Etika Untuk Generasi Zen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record