dc.description.abstract | Dalam UU guru dan dosen No.14 tahun 2005 dikatakan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru
berkewajiban untuk merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan
mengevaluasi hasil pembelajaran. Sehingga menuntut seorang guru untuk mampu mengevaluasi pembelajaran
dengan salah satu cara dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada kenyataaannya. sebagian
besar guru masih mengalami kesulitan untuk melakukan PTK yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan yang
mendasar tentang PTK. Oleh sebab itu perlu diberikan pelatihan tentang PTK, pendampingan melakukan PTK
serta pembimbingan dalam membuat karya ilmiah (artikel) hasil PTK kepada guru-guru sekolah dasar mitra yang
tergabung dalam KKG (Kelompok Kerja Guru) Gugus 02 Desa Bitingterdiri dari 5 sekolah dasar yaitu SDN Biting
01, SDN Biting 02, SDN Biting 03, SDN Biting 04 dan SDN Candijati 01. Kegiatan pelatihan tentang PTK
berupa penjelasan kembali tentang sifat, karakteristik, tujuan PTK, tahapan-tahapan PTK, bagaimana menyusun
laporan PTK dan bagaimana membuat karya ilmiah (artikel) hasil PTK. Kegiatan pendampingan, dipilih 2 – 3
guru diminta untuk melakukan PTK dengan didampingi mulai tahap perencanaan (membuat RPP, LKS, tes, rubrik
penilaian), tahap pelaksanaan (tindakan) yaitu melaksanakan PTK sesuai tindakan yang telah direncanakan pada
tahap perencanaan, tahap observasi (meminta beberapa guru untuk jadi observer, mengamati aktivitas guru,
aktivitas siswa dan kejadian-kejadian pada saat tindakan) dan tahap refleksi (mendiskusikan hasil pada tahap
pelaksanaan dan observasi. Kegiatan pembimbingan dalam membuat artikel hasil PTK, dari materi format
laporan dan artikel, guru-guru mitra dibimbing dalam menyusun laporan dan artikel hasil PTK. | en_US |