| dc.description.abstract | Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi dari kata
kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan dan 
perasaan kepada orang lain menggunakan bahasa lisan sehingga orang lain yang 
mendengarkan dapat memahami apa yang disampaikan.  
Berdasarkan hasil observasi di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari 
Kabupaten Jember, kemampuan berbicara  anak kelompok B tergolong masih rendah, 
dari 20 anak tercatat 18 anak yang  kemampuan berbicaranya masih kurang. Hal 
tersebut terlihat ketika guru mengaukan pertanyaan anak masih kesulitan untuk 
menjawab pertanyaan guru dan ketika guru meminta anak untuk menceritakan 
pengalamannya didepan kelas anak-anak masih bingung dengan kata-kata yang akan 
di ucapkan, sehingga anak menjadi kurang percaya diri bila berbicara di depan teman
temannya. 
Metode bercerita menggunakan media gambar seri merupakan metode yang 
disampaikan secara lisan untuk menyampaikan suatu pesan, informasi, atau sebuah 
dongeng belaka dalam bentuk cerita yang menarik menggunakan rangkaian gambar 
yang menghubungkan suatu peristiwa.  
Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini 
sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan metode bercerita menggunakan media 
gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK 
PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 
2015/2016 ? 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri di TK PGRI Bhakti 
Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan  
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mendeskripsikan penerapan metode bercerita 
menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak 
kelompok Kelompok B di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten 
Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; 2) meningkatkan kemampuan berbicara pada 
anak kelompok B melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri di TK 
PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 
2015/2016. 
Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Bhakti Lestari Kabupaten Jember. 
Subjek Penelitian adalah kelompok B yang terdiri atas 20 anak. Jenis penelitian ini 
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan 
adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. 
Penerapan metode bercerita menggunakan media gambar seri  dilakukan di 
dalam kelas kelompok B. Terdapat 2 siklus, yakni siklus I menggunakan metode 
bercerita menggunakan media gambar seri dengan tema gejala alam banjir dan siklus 
II dengan tema gejala alam hujan. Tahapan pertama pembukaan dengan bercakap
cakap, guru bercerita menggunakan media gambar seri, menyimpulkan isi 
cerita,melakukan tanya jawab, dan anak meceritakan kembali isi cerita dengan 
pengucapan kata,isi cerita sesuai dengan peristiwa atau keadaan pada media gambar 
seri. 
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak 
kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan siklus I 
diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 62,08 dan siklus II 
sebesar 81,6. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode 
bercerita menggunakan media gambarsri dapat meningkatkan kemampuan berbicara 
anak kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember 
tahun pelajaran 2015/2016. | en_US |