Show simple item record

dc.contributor.advisorBambang Soepeno
dc.contributor.advisorSugiyanto
dc.contributor.authorAR-RAHMANNA, Tvillu Ajeng
dc.date.accessioned2017-03-23T08:29:20Z
dc.date.available2017-03-23T08:29:20Z
dc.date.issued2017-03-23
dc.identifier.nim120210302056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79848
dc.description.abstractLatar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran sejarah yang masih menggunakan paradigma konvensional dan kurangnya peran media dalam pembelajaran sejarah disekolah mengakibatkan peserta didik menjadi jenuh dan pasif dalam belajar sejarah. Hal tersebut juga akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pada studi pendahuluan yang telah dilakukan di MA Al – Badri GumuksariKalisat Jember ditemukan hasil belajar sejarah yang rendah yaitu nilai rata-rata pada ujian tengah semester tahun pelajaran 2015/2016 adalah 73,92 dengan nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 78. Berdasarkan hasil angket minat belajar yang dibagikan kepada peserta didik kelas XI B IPS juga menunjukkan hasil 72% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran sejarah yang hanya memaparkan carita dari peristiwa tanpa visualisasi kurang menarik minat belajar sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) apakah pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap minat peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI SMA; (2) apakah pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA; dan (3) apakah pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA; (2) untuk menganalisis pengaruh minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA; dan (3) untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Manfaat penelitian ini adalah: (1) untuk dapat memahami dan melaksanakan pembelajaran sejarah yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran film; (2) sebagai tambahan pengetahuan dan memperluas wawasan dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik; (3) sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelaran film; dan (4) sebagai referensi dan pengembangan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran film. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Posttest Design yang sesuai dengan tujuan dan permasalahan dalam penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) angket; (2) tes; dan (3) wawancara. Analisis data yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis statistik uji t dua sampel berhubungan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film terhadap minat belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (14,216) > ttabel (2,064) dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (14,812) > ttabel (2,064) dan teknik analisis statistik uji Analisis variasi satu jalur (One-way Anova) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil Rasio F (5,320) > Ftabel (3,44). Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi software SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA AlBadri Gumuksari-Kalisat Jember menunjukkan hasil bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran film terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah; (2) ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran film terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. Kesimpulan secara garis besar dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran film dapat mempengaruhi secara signifikan minat belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Al-Badri Gumuksari-Kalisat Jember. Minat belajar sejarah pada peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Al-Badri Gumuksari-Kalisat Jember. Melalui kesimpulan diatas, maka saran dari peneliti adalah agar peserta didik dapat memahami dan melaksanakan pembelajaran sejarah yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran film, pendidik dan calon pendidik sejarah diharapkan dapat memperluas wawasan dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran film, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran film.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARAN FILMen_US
dc.subjectMINATen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Film Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA MA AL-BADRI Gumuksari-Kalisat Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record