dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu bahan kajian terpadu yang merupakan
penyederhanaan, adaptasi, seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsepkonsep
atau keterampilan sejarah, geografi, antropologi, dan ekonomi. Pembelajaran
IPS pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan lebih banyak menekankan pada
hubungan antar manusia dengan masyarakat, karena pembelajaran IPS tidak hanya
sekedar penyajian materi - materi yang akan memnuhi ingatan peserta didik,
melaikan untuk memenuhi kebutuhan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan tuntunan
masyarakat. sehingga dapat membentuk warga negara yang memiliki keterampilan
yang berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat, dan negara.
Berdasarkan pada hasil wawancara yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN
Tegalgede 03 Jember menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses
belajar, hal tersebut didukung dengan data angket yang menunjukkan motivasi
belajar siswa dalam kategori sedang yaitu sebesar 51,52%. Keadaan tersebut
berimbas pada hasil belajar siswa yang tergolong dalam kategori kurang baik, dari 25
siswa terdiri dari 52% siswa yang memperoleh nilai diatas kriteria kelulusan
minimal, sementara 48% siswa masih memperoleh nilai dibawah kriteria kelulusan
minimal.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan Teknik Mind Mapping. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini
yaitu bagaimanakah penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi
dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN Tegalgede
x
03 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Mind Mapping dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi, produksi, komunikasi,
dan transportasi di SDN Tegalgede 03 Jember.
Jenis Penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas dengan menerapkan
teknik Mind Mapping, Penelitian ini dilaksanakan di SDN tegalgede 03 Jember
dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Data yang akan
dianalisis dalam penelitian ini adalah data motivasi dan hasil belajar siswaselama
pembelajaran dengan menerapkan teknik Mind Mapping.
Hasil yang diperoleh dari Pelaksanaan penelitian menunjukkan motivasi
siswa pada pra siklus sebesar 51,52% (kategori sedang) mengalami peningkatan pada
siklus I sebesar 14,04% sehingga menjadi 65,56% (kategori tinggi) dan pada siklus II
meningkat 13,09% sehingga menjadi 78,65% (kategori tinggi). Hasil belajar siswa
secara klasikal pada pra siklus sebesar 52 %(kategori kurang baik), sedangkan pada
siklus I meningkat sebesar 20% sehingga menjadi 72% (kategori baik) dan pada
siklus II meningkat 12% sehingga menjadi 84%(kategori sangat baik).
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penerapan teknik
Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
tegalgede 03 Jember pada pokok bahasan perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi. Saran untuk SDN Tegalgede 03 Jember dan Guru
Kelas IV yaitu dengan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV
siswa hendaknya dapat menerapkan teknik Mind Mapping pada pokok bahasan
lainnya dan dijadikan alternatif teknik mengajar IPS. Saran untuk peneliti lain
diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang
baru dan mengarah pada perbaikan hingga pada akhirnya dapat bermanfaaat bagi
banyak orang. | en_US |