Show simple item record

dc.contributor.advisorRif’ati Dina Handayani
dc.contributor.advisorPramudya Dwi Aristya Putra
dc.contributor.authorSARI, RATNA
dc.date.accessioned2017-03-22T03:07:04Z
dc.date.available2017-03-22T03:07:04Z
dc.date.issued2017-03-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79763
dc.description.abstractPembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk memperoleh pemahaman lebih dalam tentang alam sekitar. Berdasarkan observasi selama ini pembelajaran hanya sekadar pemberian materi tanpa melibatkan siswa dalam pembelajaran. Terutama melibatkan siswa dalam berpikir. Pembelajaran IPA akan bermakna jika siswa terlibat serta didukung dengan sumber belajar variatif yang mengedepankan pemberian informasi aktual yang disajikan secara kontekstual sehingga siswa mampu menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan wawancara dengan guru di beberapa sekolah, guru masih mengalami kendala dalam pembelajaran. Salah satu faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran adalah kurangnya minat baca siswa. Maka dari itu, diperlukan upaya untuk menumbuhkan minat baca siswa. Siswa yang senang membaca akan menambah antusias siswa dalam belajar. Siswa yang memiliki minat yang besar terhadap pembelajaran akan cenderung tertarik mengikuti pembelajaran sehingga memudahkan siswa menerima materi yang diberikan oleh guru. Salah satu cara agar siswa memiliki minat terhadap pembelajaran IPA yakni dengan mengembangkan bahan bacaan yang dikemas semenarik mungkin. Maka dari itu, solusi inovatif yang ditawarkan dengan mengembangkan Buletin Mari Belajar IPA (MALAPA). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji validitas Buletin MALAPA, (2) mendeskripsikan minat belajar siswa, serta (3) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTs Negeri 2 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling melalui analisis siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah lembar validasi logic, lembar post test siswa, dan angket minat belajar siswa terhadap pembelajaran menggunakan Buletin MALAPA. Berdasarkan hasil validasi logic dari beberapa ahli diperoleh validitas Buletin yang dapat dikategorikan valid. Buletin berkategori valid karena telah melalui proses revisi kurang lebih dua kali setelah memperoleh saran dan kritik dari validator ahli. Berdasarkan uji pengembangan diperoleh kemampuan berpikir kritis yang dikategorikan baik. Berpikir kritis siswa baik karena adanya latihan mengerjakan warta sains pada Buletin MALAPA. Warta sains berisi analisis wacana disertai beberapa pertanyaan yang mengarahkan siswa untuk berpikir secara logis dalam memecahkan permasalahan sehingga mampu mengasah kemampuan berpikir kritisnya. Berdasarkan angket minat belajar siswa dapat dikategorikan baik dan juga memperoleh tanggapan yang positif terhadap penggunaan Buletin pada pembelajaran IPA. Minat belajar baik karena pembelajaran menggunakan Buletin memberikan nuansa yang baru dan menarik sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran menggunakan Buletin MALAPAen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BULETIN MARI BELAJAR IPA (MALAPA) PADA PEMBELAJARAN IPA DI MTS NEGERI 2 JEMBERen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record