Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorSIHONO
dc.contributor.authorAGUNG, Yosep Ferry
dc.date.accessioned2017-03-10T01:35:53Z
dc.date.available2017-03-10T01:35:53Z
dc.date.issued2017-03-10
dc.identifier.nimNIM110210204019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79622
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Sukamakmur 02 Jember sejak tanggal 23 Januari 2016 sampai 31 Mei 2016 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 31 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I terdiri atas tiga pertemuan, namun hasil pembelajaran pada siklus I tidak memenuhi indikator keberhasilan penelitian, sehingga perlu dilaksanakan siklus II terdiri atas dua pertemuan guna memperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus I. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72%, kemudian meningkat menjadi 87% pada siklus II; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71, kemudian meningkat menjadi 81 pada siklus II. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas III SDN Sukamakmur 02 Jember. Saran dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta meningkatkan ketuntasan belajar siswa yang rendah, diperlukan adanya kajian mengenai pengadaan berbagai media pembelajaran guna memudahkan siswa SDN Sukamakmur 02 Jember dalam mengikuti pembelajaran, serta bagi peneiliti lain sebelum melaksanakan siklus I, sebaiknya peneliti berkodinasi dengan guru kelas agar pembelajaran dapat berjalan dengan tertib sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210204019;
dc.subjectMATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGANen_US
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS III SDN SUKAMAKMUR 02 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record