Show simple item record

dc.contributor.authorRIYATI
dc.date.accessioned2017-03-09T03:24:26Z
dc.date.available2017-03-09T03:24:26Z
dc.date.issued2017-03-09
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM140220303012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79572
dc.description.abstractBerdasarkan pembahasan mengenai pengembangan model pembelajaran Blended Learning maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hasil validasi dari para ahli yang terdiri dari ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli bahasa memberikan hasil yang sangat baik walaupun ada beberapa revisi untuk perbaikan. Hasil validasi untuk ahli materi pembelajaran memiliki skor 104 dari skor maksimal 115. Hasil validasi untuk ahli Media pembelajaran memiliki skor 123 dari skor maksimal 135, sedakan hasil validasi untuk ahli desain pembelajaran dimana untuk ahli validasinya jadi satu dengan media pembelajaran memiliki skor 94 dari skor maksimal 100. Hasil validasi untuk ahli materi pembelajaran memiliki skor 45 dari skor maksimal 50. b. Pengembangan model pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran Sejarah SMA dengan menggunakan ASSURE mampu menunjang pembelajaran sejarah indonesia menjadi pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis dari uji coba lapangan yaitu untuk kelayakan sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan untuk analisis kepraktisan yaitu sebesar 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk uji efektifitas dapat dilihat dari hasil analisis pada uji coba lapangan dengan menggunakan uji t independent sample test yaitu P < 0,00; df = 32; t = -6,653, dengan selisih perbedaan antara pretest dan postest sebesar -6,27273. Nilai negatif pada selisih keduanya menunjukkan pretest lebih rendah daripada postest. Artinya dengan adanya pengembangan model pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan ASSURE telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 6,27273 dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140220303012;
dc.subjectBLENDED LEARNINGen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN SEJARAHen_US
dc.subjectASSUREen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKAN ASSUREen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record