dc.description.abstract | Temuan Penelitian menunjukkan dengan menggunakan media gambar proyektor
dapat meningkatkan sikap peduli siswa, melalui diskusi kelompok dengan
mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban dapat meningkatkan kerjasama siswa,
dengan diterapkannya sistem mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban serta
memberikan pendapat tentang kartu yang ditempel dapat meningkatkan sikap
percaya diri siswa, dengan penerapan 5 langkah pendekatan saintifik dapat
meningkatkan sikap tanggap siswa, dengan model pembelajaran kooperatif tipe
make a match dapat mereview pemahaman siswa selama pembelajaran sehingga
hasil belajar siswa meningkat, dengan pemberian nomor dada sesuai nomor absen
dapat mempermudah observer dalam mengamati dan hasil yang diperoleh lebih
efektif, dengan pengelompokkan lebih dari 6 siswa pembelajaran menjadi kurang
kondusif. Jika ranah afektif (sikap) siswa sangat baik, maka ranah kognitif, dan
ranah psikomotor siswa juga akan baik, sedangkan jika hasil belajar ranah kognitif
sangat baik, maka belum tentu ranah afektif, dan ranah psikomotornya juga baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA tema sehat itu
penting di SD Muhammadiyah 1 Jember. Saran bagi guru kelas, yaitu dapat
dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar siswa. Bagi kepala sekolah, dapat meningkatkan mutu pembelajaran
di sekolah. bagi peneliti, dapat dijadikan pengalaman mengajar. Bagi peneliti
selanjutnya, dapat dijadikan referensi dan dikembangkan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan materi yang lainnya. | en_US |