Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHATIN, Jekti
dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.authorWIJAYA, Hadi
dc.date.accessioned2017-03-07T01:05:13Z
dc.date.available2017-03-07T01:05:13Z
dc.date.issued2017-03-07
dc.identifier.nimNIM090210103050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79465
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar biologi berbasis pendekatan SAVI pada pokok bahasan ekosistem kelas VII SMP dan untuk mengetahui kevalidan/kelayakan hasil pengembangan bahan ajar biologi berbasis pendekatan SAVI pada sub pokok bahasan komponen ekosistem kelas VII SMP untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Bahan ajar yang dikembangkan adalah buku siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembanganBorg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yaitu research and information collecting (pengumpulan informasi), planning (melakukan perencanaan), develop preliminary form of product (pengembangan produk awal), preliminary field testing (uji terbatas/uji kelompok kecil), main product revision (revisi hasil uji terbatas), main field testing (uji lapangan/uji kelompok besar), operational product revision (revisi hasil uji lapangan), operational field testing (uji kelayakan), final product revision (revisi hasil uji kelayakan), dan dissemination and implementation (diseminasi dan implementasi produk akhir). Adapun penelitian ini hanya sampai pada langkah main field testing (uji lapangan/uji kelompok besar). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Jenggawah Kabupaten Jember yang berjumlah 38 siswa tahu ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, metode tes, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh yaitu hasil validasi buku siswa, uji keterbacaan, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Validasi buku siswaoleh ahli materi, ahli pengembangan, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil belajar siswa berupa nilai pre-test dan post-test. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisisdata persentase yang hasilnya diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Adapun data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan normalized gain. Analisis hasil validasi ahli menunjukkan bahwa rata-rata penilaian ahli untuk buku siswa adalah 78,71%(kategori sangat baik).Artinya bukuyang dikembangkan siap dimanfaatkan di lapangan untuk kegiatan pembelajaran.Rata-rata hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa adalah 80,09%(kategori sangat baik). Adapun rata-rata penilaian respon siswa terhadap buku siswa berbasis pendekatan SAVI adalah 81,27% (kategori sangat baik). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari selisih hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-test siswa adalah36,83 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 69,72, dengan selisih antara rata-rata pre-test dan post-test adalah 32,89.Hasil belajar tersebut dianalisis menggunakan rumus normalized gain. Rata-rata hasil normalized gain adalah 0,51 dengan kriteria sedang, artinya buku siswa berbasis pendekatan SAVI dapat menaikkan hasil belajar siswa dengan kriteria sedang.Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan SAVI memiliki kualiatas sangat baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan ekosistem.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries090210103050;
dc.subjectBERBASIS SAVIen_US
dc.subjectBAHASAN EKOSISTEMen_US
dc.subjectBAHAN AJAR BIOLOGIen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA SUB POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record