Show simple item record

dc.contributor.advisorMAHARDIKA, I Ketut
dc.contributor.advisorGANI, Agus Abdul
dc.contributor.authorYUWONO, Galih Rinekso
dc.date.accessioned2017-03-07T01:00:44Z
dc.date.available2017-03-07T01:00:44Z
dc.date.issued2017-03-07
dc.identifier.nimNIM120210102093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79464
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 dengan menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan nilai n-gain diperoleh bahwa kemampuan representasi verbal, gambar, matematis, dan grafik adalah -4,17, -5,37, 15,56, 9,57. Dan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,12 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh angka 60,73. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan representasi verbal siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami penurunan, (2) Kemampuan representasi gambar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami penurunan, (3) Kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami peningkatan, (4) Kemampuan representasi grafik siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami peningkatan, (5) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hassil belajar siswa di SMAen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102093;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGen_US
dc.subjectKEMAMPUAN REPRESENTASI VERBALen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, GAMBAR, MATEMATIS, GRAFIK, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record