Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.advisorA. Lathif, Misno
dc.contributor.authorSari, Putri Anggita
dc.date.accessioned2017-01-31T02:11:59Z
dc.date.available2017-01-31T02:11:59Z
dc.date.issued2017-01-31
dc.identifier.nimNIM120210205095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79207
dc.description.abstractKemampuan kognitif merupakan suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Salah satu kemampuan kognitif yang dapat dikembangkan yaitu kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Pembelajaran mengenal warna bertujuan untuk mengajarkan pada anak tentang macam-macam warna yang ada di sekitarnya, pemahaman anak tentang warna primer dan sekunder, dengan demikian melalui belajar mengenal warna anak mampu mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Namun kenyataannya pada anak kelompok A TK Bina Anaprasa Nuris Jember masih ditemukan ada beberapa anak yang belum mampu menyebutkan, menunjukkan dan mengelompokkan warna. Hal ini karena kurangnya pembelajaran dalam mengenalkan warna dan kurangnya media yang digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan metode eksperimen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Bina Anaprasa Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016?; 2) bagaimanakah peningkatan perkembangan kognitif anak kelompok A melalui penerapan metode eksperimen di TK Bina Anaprasa Nuris Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Bina Anaprasa Nuris Jember tahun 2015/2016; 2) ix meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A melalui penerapan metode eksperimen di TK Bina Anaprasa Nuris Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Bina Anaprasa Nuris Jember yang berjumlah 23 anak, yang terdiri atas 9 anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain model Hopkins. Tiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penerapan metode eksperimen pada kelompok A1 TK Bina Anaprasa Nuris Jember dilakukan melalui 2 siklus. Pada siklus I dilaksanakan dengan cara menjelaskan tema dan sub tema, percobaan pencampuran warna, pemberian tugas dan evaluasi, sedangkan pada siklus II yang dilakukan sama dengan siklus I namun alat dan bahan percobaan berbeda. Pada siklus I pencampuran warna menggunakan air yang dicampur dengan pewarna makanan, sedangkan pada siklus II menggunakan plastisin. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok A setelah diberikan tindakan dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran mengenal warna. Diketahui nilai rata-rata hasil belajar anak pada siklus I sebesar 68,47 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,21. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Saran peneliti bagi guru adalah hendaknya guru menerapkan metode eksperimen sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran mengenal warna untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Saran untuk kepala sekolah hendaknya melengkapi media pembelajaran yang ada di kelas agar dapat digunakan guru untuk mengenalkan warna pada anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210205095;
dc.subjectKemampuan Kognitifen_US
dc.subjectMetode Ekseprimenen_US
dc.titlePenerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A TK Bina Anaprasa Nuris Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record