Show simple item record

dc.contributor.advisorWahjuni, Sri
dc.contributor.advisorJulianto, Didik Eko
dc.contributor.authorPuspita, Dwi Anggraeni
dc.date.accessioned2017-01-31T01:20:47Z
dc.date.available2017-01-31T01:20:47Z
dc.date.issued2017-01-31
dc.identifier.nim100910202044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79201
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan pada PT. Indosat Ooredoo Cabang Jember. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran public relations pada perusahaan PT Inodosat Ooredoo di Jember. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Tahap analisis data menggunakan analisis domain dan taksonomi yang berguna untuk memilah-milah dan memfokuskan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Public Relations pada PT. Indosat Jember memiliki aktivitas yang dapat mendatangkan kegiatan komunikasi dan transformasi informasi yang dibutuhkan perusahaan. Aktivitas Publik Relations dapat memberikan suatu feed back kepada publiknya atas kontribusi yang telah mereka berikan kepada perusahaan. Public Relations berperan dalam membina hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan public internal dan eksternal. Ini berarti Public Relations bersifat dua arah yaitu berorientasi ke dalam (in word looking), dan keluar (out word looking) peran Public Relations ke dalam berkaitan dengan public internal perusahaan yaitu karyawan keluarga karyawan dan pimpinan. Peran Publik Relations keluar berkaitan dengan public eksternal yaitu klien, masyarakat, media massa, pemerintah dan kalangan akademik. Adanya hubungan yang harmonis membuat membuat perusahaan mendapat dukungan dari publiknya sehingga dapat membantu memperlancar pelaksanaan kegiatan dengan efektif dan efisien. Masalah eksternal yang sering dihadapi yaitu bagaimana publik relations mengkomunikasikan suatu pesan dalam bentuk pelaksanaan kegiatan sponsorship kepada konsumen sehingga terciptanya image positif tentang PT. Indosat Jember khususnya pelaksanaan kegiatan sponsorship. Kesimpulannya adalah Peran Public Relations PT. Indosat Jember bertujuan untuk membantu fungsi manajeman dalam berkomunikasi dengan public internal dan public eksternal yang dapat menunjang keberhasilan semua bidang yang ada dalam perusahaan. Peran public relations sebagai building corporate identity and image serta sebagai facing crisis terbukti dari opini masyarakat terhadap PT Indosat Ooredoo di Jember dari segi pelayanan dan fasilitas produk yang diberikan. Pihakpihak yang berperan dalam membantu program publik internal perusahaan diantaranya, pimpinan, staf manajemen, dan seluruh karyawan PT. Indosat Jember. Pihak-pihak yang berperan dalam membantu program publik eksternal perusahaan diantaranya, pelanggan/pengguna, masyarakat sekitar, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, perusahaan swasta, dan event organizer. Saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi PT. Indosat Jember demi keberhasilan public Relations dalam rangka mewujudkan tujuan perusahaan PT. Indosat Jember adalah kedepannya perlu diadakan pemisahan antara public Relations dengan sales area manager menjadi public relations sebagai divisi khusus. Sehingga divisi tersebut ini benar-benar dapat menjalankan tugasnya dalam mempertahankan citra perusahaan serta dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada public sasarannya secara maksimalen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPublic Relationsen_US
dc.subjectPT Indosat Ooredooen_US
dc.titlePERAN PUBLIC RELATIONS PADA PERUSAHAAN PT INDOSAT OOREDOO DI JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record