Pengaruh Word Of Mouth (WOM) Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian Pada Kafe Kolong Jember
Abstract
Persaingan bisnis Kafe di Kota Jember semakin ketat. Persaingan ini
disebabkan oleh adanya perkembangan ide manusia yang semakin kreatif dan
inovatif. Banyak Kafe-kafe yang bermunculan dengan menawarkan berbagai
keunggulan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan trend masa kini. Salah
satunya adalah Kafe Kolong. Kafe ini berlokasi di kolong jembatan Jalan Mastrip,
Jember. Kafe Kolong mengusung konsep kafe yang alami dan nyaman. Kafe
Kolong memiliki lokasi kafe yang unik yang membuat konsumen merasa
penasaran. Keunikan ini menjadi bahan informasi positif bagi konsumen lain.
Informasi ini menyebar dengan mudah diantara para konsumen secara online dan
offline. Komunikasi ini disebut word of mouth. Kebiasaan konsumen untuk
menceritakan pengalamannya kepada orang lain juga akan mendukung
terbentuknya brand image. Ketika konsumen mendapatkan kesan positif dari Kafe
Kolong, maka akan terbentuk brand image positif bagi Kafe Kolong. Brand image
positif di benak konsumen ini akan memicu terjadinya keputusan pembelian di
Kafe Kolong bagi konsumen lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth terhadap brand image dan
keputusan pembelian pada Kafe Kolong Jember.
Penelitian ini merupakan explanatory research. Populasi dalam penelitian
ini adalah konsumen Kafe Kolong Jember. Pengambilan sampel menggunakan
teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling, dengan kriteria
berusia ≥ 17 tahun dan pernah mendatangi dan membeli minimal dua kali di Kafe
Kolong Jember. Jumlah sampel sebanyak 110 responden. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path
analysis).
Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil yang
menunjukkan bahwa variabel word of mouth berpengaruh signifikan terhadap
brand image Kafe Kolong Jember, artinya word of mouth positif yang tersebar
akan membentuk brand image positif bagi Kafe Kolong Jember, dan sebaliknya
word of mouth negatif akan membentuk brand image negatif bagi Kafe Kolong ;
word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Kafe
Kolong Jember, artinya word of mouth positif yang didapatkan konsumen akan
mendorong konsumen untuk mengunjungi Kafe Kolong Jember dan sebaliknya
word of mouth negatif yang diperoleh konsumen akan membuat konsumen enggan
untuk mengunjungi Kafe Kolong Jember ; brand image berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian di Kafe Kolong Jember, artinya brand image Kafe
Kolong yang positif akan membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi Kafe
Kolong Jember, sebaliknya brand image Kafe Kolong yang negatif akan membuat
konsumen enggan untuk mengunjungi Kafe Kolong Jember.