dc.contributor.author | Wahjuni, Sri | |
dc.contributor.author | Handini, Yuslinda Dwi | |
dc.contributor.author | Khristianto, Wheny | |
dc.date.accessioned | 2017-01-24T04:33:23Z | |
dc.date.available | 2017-01-24T04:33:23Z | |
dc.date.issued | 2017-01-24 | |
dc.identifier.issn | 2338-9575 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79150 | |
dc.description | Jurnal Strategi dan Bisnis, Volume 4, Nomor 1, April 2016 | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penjabaran tentang rancangan model sentra industri dan desa wisata batik. Tujuan utama
pada riset ini yakni membuat desain model desa wisata ideal dengan basis interest pada batik. Konsep utama dalam
desain kebijakan ini adalah Specialized Industrial Distric ‘Batik” dengan pendekatan triple helix yang
mengkolaborasikan peran Akademisi, Business dan Government (ABG) dalam pengembangan desa wisata. Pada
penelitian ini juga akan melakukan pemetaan dan desain strategi yang menyangkut: kebijakan dan infrastruktur yang
dibutuhkan, promosi, capacity building serta inovasi produk-produk yang ditawarkan oleh sebuah desa wisata batik.
Analisis dilakukan secara komprehensif yang meliputi evaluasi dengan pendekatan retrospektif dan prospektif.
Pendekatan retrospektif digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan tantangan Batik Tuban dalam pasar batik,
sedangkan pendekatan prospektif digunakan untuk memprediksi dan mengantisipasi tantangan dan peluang yang
mungkin akan muncul apabila dikembangkan model desa wisata batik berbasis kreativitas, serta discovery
learning terhadap temuan untuk menjadi masukan dalam pengambilan kebijakan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | akademisi | en_US |
dc.subject | Bisnis | en_US |
dc.subject | pemerintah | en_US |
dc.subject | desa wisata | en_US |
dc.subject | batik | en_US |
dc.title | Pendekatan Triple Helix (ABG) dalam Pengembangan Desa Wisata Batik Tuban di Kabupaten Tuban | en_US |
dc.type | Article | en_US |