• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS V SDN GRENDEN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Bella Ayunita Putri - 120210204011.pdf (2.610Mb)
    Date
    2017-01-24
    Author
    Putri, Bella Ayunita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grenden 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.. Jenis penelitian yang digunakan adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama sebanyak dua kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak dua kali pertemuan. Pelaksanaan Penerapan Scientific Approach dalam pembelajaran Matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember berjalan lancar sesuai rencana. Proses penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V di SDN 1 Grenden Jember dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu dengan siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan alokasi waktu 2x35 menit. Materi yang dibahas adalah kubus, balok, prisma segitiga, prisma segilima, kerucut, limas, tabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar 58,26% yang termasuk kategori kurang baik, meningkat pada siklus I menjadi 68,96% dengan kategori baik. Siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar secara klasikal menjadi 81,17% dengan kategori sangat baik. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru pembelajaran dengan Scientific Approach dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk pihak sekolah Scientific Approach dapat dijadikan salah satu referensi sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru disekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79111
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository