• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN DI SEKOLAH-SEKOLAH WILAYAH PERKEBUNAN KOPI KALIBARU

    Thumbnail
    View/Open
    abstrak dan executive summary.pdf (91.47Kb)
    Date
    2017-01-23
    Author
    Hariyadi, S
    Fikri, K
    Fatahillah, A
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sulitnya akses menuju wilayah perkebunan Kalibaru serta mayoritas masyarakat adalah sebagai buruh dengan tingkat kesejahteraan yang rendah menjadi tantangan tersendiri bagi pemerataan kualitas pendidikan. Pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber dan objek belajar dapat menjadi solusi yang dapat mengarahkan siswa pada upaya mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun pertama ditemukan bahwa nilai-nilai kearifan lokal yang berkembang di wilayah perkebunan Kalibaru antara lain budaya gotong royong yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam permainan anakanak (bentengan), pelestarian budaya seni hadrah, serta pemanfaatan tanaman maupun hewan baik sebagai pangan, obat, simbol dan kebutuhan- kebutuhan lain dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal yang berkembang di masyarakat perkebunan Kalibaru maka dilakukan pembuatan bahan ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal pada pembelajaran IPA. Pada penelitian tahun kedua dilakukan uji coba implementasi dan menganalisis pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang dilakukan di sekolah binaan yaitu SMPN 3 kalibaru dan SMPN 4 Kalibaru melalui kegiatan quasi eksperimen. Hasil implementasi bahan ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal pada pembelajaran IPA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi 0,00.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79098
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository