Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Handayani
dc.contributor.advisorKayan Swastika
dc.contributor.authorAditiya, Reny Putri
dc.date.accessioned2017-01-20T06:31:06Z
dc.date.available2017-01-20T06:31:06Z
dc.date.issued2017-01-20
dc.identifier.nim120210302004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79004
dc.description.abstractPembelajaran sejarah di kelas X IPS 2 SMA Negeri Kunir dianggap menjadi pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan oleh peserta didik. Pendidik yang sering menggunakan metode konvensional dan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran mengakibatkan peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menyebabkan aktivitas selama proses pembelajaran cenderung pasif dan hasil belajar peserta didik yang masih belum optimal. Penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video melatih kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, melatih keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya, serta membantu peserta didik lebih memahami materi yang telah dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X IPS 2 SMA Negeri Kunir tahun ajaran 2015/2016; (2) apakah penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kelas X IPS 2 SMA Negeri Kunir tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk menganalisis peningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri Kunir dengan menerapkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media pembelajaran video; (2) untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri Kunir dengan menerapkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media pembelajaran video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri Kunir, dengan jumlah 37 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Peningkatan aktivitas dari siklus 1 sebesar 66,35% meningkat 13,63% pada siklus 2 sebesar 75,40%. Siklus 3 sebesar 79,32% meningkat 5,19% dari aktivitas siklus 2. Peningkatan hasil belajar sejarah dinilai dari tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Peningkatan hasil belajar kognitif dari siklus 1 sebesar 75,67% meningkat 7,14% pada siklus 2 menjadi 81,08%. Siklus 3 sebesar 86,48% meningkat 6,66% dari hasil belajar kognitif siklus 2. Peningkatan hasil belajar afektif dari siklus 1 sebesar 64,45%, meningkat 10,90% pada siklus 2 menjadi 71,48%. Siklus 3 sebesar 80,27% meningkat 12,29% dari hasil belajar aspek afektif siklus 2. Peningkatan hasil belajar psikomotor dari siklus 1 sebesar 57,93%, meningkat 18,67% pada siklus 2 menjadi 68,75%. Siklus 3 sebesar 77,02%. meningkat 12,02% dari hasil belajar aspek psikomotor siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 2 SMAN Kunir Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016; (2) penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X IPS 2 SMAN Kunir Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR)en_US
dc.subjectMedia Videoen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 SMA NEGERI KUNIR TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record