dc.description.abstract | Berdasarkan hasil analisis keterampilan proses sains siswa pada kelas
eksperimen dapat dikategorikan sangat baik. Selanjutnya adalah analisis kompetensi
pengetahuan siswa diperoleh nilai rata-rata kompetensi sikap siswa pada kelas
eksperimen sebesar 69,91 dan kelas kontrol sebesar 66,87. Adapun hasil kompetensi
pengetahuan berdasarkan hasil analisis independent sample t-test diperoleh ttest
sebesar 0,0105. Nilai signifikansi 0,0105 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Selanjutnya analisis kompetensi sikap siswa. Kemudian adalah analisis kompetensi
sikap siswa diperoleh nilai rata-rata kompetensi sikap siswa pada kelas eksperimen
sebesar 70,86 dan kelas kontrol sebesar 50,00. Adapun hasil kompetensi sikap
berdasarkan hasil analisis Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05
maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis di atas maka kesimpulan
pada penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika
SMA dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan media
pictorial riddle dalam kategori sangat baik; (2) Model pembelajaran guided discovery
dengan media pictorial riddle berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi
pengetahuan siswa pada mata pelajaran fisika SMA; dan (3) Model pembelajaran
guided discovery dengan media pictorial riddle berpengaruh secara signifikan
terhadap kompetensi sikap siswa pada mata pelajaran fisika SMA. | en_US |