Show simple item record

dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.advisorBACHTIAR, Rayendra Wahyu
dc.contributor.authorJUNAIDA
dc.date.accessioned2017-01-19T06:14:29Z
dc.date.available2017-01-19T06:14:29Z
dc.date.issued2017-01-19
dc.identifier.nimNIM120210102062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78942
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Tamanan Bondowoso. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Tamanan Bondowoso. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa. Analisis data post-test siswa menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16 untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Instruction terhadap pembelajaran keterampilan pemecahan masalah antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen terdiri dari oral activities, motor activities, dan mental activities yang didapat dari kegiatan observasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Instruction sebesar 56,61 yang termasuk dalam kriteria cukup aktif. Hasil analisis Independent-Sample T-test terhadap nilai post-test siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test keterampilan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata post-test keterampilan pemecahan masalah siswa kelas kontrol dengan nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Instruction berpengaruh signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model Problem Based Instruction berpengaruh signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa Kelas X SMAN Tamanan Bondowoso dan (2) Model Problem Based Instruction dapat merangsang siswa kelas X SMAN Tamanan tahun ajaran 2015/2016 untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Rata-rata keaktifan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran dengan model Problem Based Instruction termasuk dalam kriteria Cukup Aktif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102062;
dc.subjectPROBLEM BASED INSTRUCTIONen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN TAMANAN BONDOWOSO (Studi Eksperimen pada Keterampilan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Siswa)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record