Show simple item record

dc.contributor.advisorLathief, Misno A.
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorRahmawati, Andiani Eka
dc.date.accessioned2017-01-18T04:17:03Z
dc.date.available2017-01-18T04:17:03Z
dc.date.issued2017-01-18
dc.identifier.nim120210205026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78847
dc.description.abstractKemampuan bahasa pada anak usia dini meliputi 4 pengembangan, salah satunya yaitu kemampuan membaca. Membaca salah satu kemampuan berbahasa yang harus dimiliki oleh anak. Maka dari itu, kemampuan membaca pada anak perlu ditingkatkan, karena dengan membaca anak akan mengerti banyak hal, dan bertambahnya kosakata. Namun dalam mengajarkan anak membaca harus disesuaikan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yaitu belajar sambil bermain. Sehubungan dengan hal tersebut, dari hasil pengamatan yang dilakukan pada kelompok B di TK Darus Sholah Jember, kemampuan membaca anak masih belum berkembang sangat baik. Hal ini dibuktikan masih terdapat anak yang belum mampu mengenal huruf, terdapat anak yang masih mengalami kesalahan dalam membaca huruf, terdapat anak yang masih belum memahami konsep bila huruf dirangkai dengan huruf yang lain akan menjadi kata. Metode multisensori menekankan pengajaran membaca melalui prinsip VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile). Prinsip pembelajaran yang melibatkan berbagai modalitas alat indera tersebut, diharapkan mampu memberikan hasil yang sama dalam hal kemampuan membaca pada anak dengan tipe pembelajaran yang berbeda-beda. Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan masalah penelitiannya yaitu “adakah pengaruh metode multisensori Gillingaham terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk “mendeskripsikan pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desai penelitian menggunaka pola pretestpostets control group design. Analisis yang digunakan yaitu Uji-t. Analisis Uji-t digunakan untuk menguji homogenitas dan uji hipotesis. Data yang dianalisis pada uji homogenitas yaitu data nilai kemampuan membaca anak pada semester 1, hasil yang diperoleh yaitu < (0.00 < 2.00), maka dapat disimpulkan kedua kelas tersebut homogen. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dengan random, adapun hasilnya yaitu kelas B1 sebagai kelas kontrol dan kelas B2 sebagai kelompok eksperimen. Kegiatan dilaksanakan selama 2 minggu dengan masing-masing 6 kali pertemuan. Data untuk uji hipotesis berupa selisih antara nilai posttest dan pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dianalis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan menggunakan SPSS 16.0 l menunjukkan bahwa > (2.248 > 2.000), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan metode multisensori Gillingham terhadap kemampuan membaca anak kelompok B. Maka dari itu hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan Metode Multisesnsori Gillingham terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, maka saran yang disampaikan adalah sebagi berikut: (1) bagi guru hendaknya dapat menerapkan metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca anak atau kemampuan lain seperti logika matematika ataupun motorik; (2) bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengulagi penelitian ini dengan berbagai variasi dan perbaikan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMETODE MULTISENSORI GILLINGHAMen_US
dc.subjectMEMBACA ANAKen_US
dc.subjectTK DARUS SHOLAHen_US
dc.subjectKECAMATAN KALIWATESen_US
dc.titlePENGARUH METODE MULTISENSORI GILLINGHAM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK DARUS SHOLAH KECAMATAN KALIWATES KEBUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record