PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, CITRA DAN NILAI NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH BANK MANDIRI SYARIAH CABANG JEMBER
Abstract
Persaingan yang tinggi antara perbankan, maka meningkatkan keunggulan
produk dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan menabung
nasabah untuk memilih produk perbankan syariah yang sangat penting untuk
diperhatikan oleh pihak bank. Keputusan nasabah dalam memilih bank syariah
dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keunggulan produk, citra dari bank dan
milai nasabah. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh
keunggulan produk terhadap keputusan menabung nasabah; untuk mengetahui
pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan menabung nasabah dan untuk
mengetahui pengaruh nilai nasabah terhadap keputusan menabung nasabah PT
Bank Syariah Mandiri Tbk cabang Jember.
Rancangan penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory
research). Penelitian dilakukan pada PT. Bank Syariah Mandiri Tbk yang berlokasi
di Jalan A. Yani Jember. Sampel yang diambil berjumlah 97 responden. Variabel
bebas dalam penelitian ini terdiri dari keunggulan produk, nilai nasabah dan citra
perusahaan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan menabung
nasabah. Metode analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa keunggulan produk berpengaruh signifikan
terhadap keputusan nasabah BSM Cabang Jember. Nilai nasabah berpengaruh
signifikan terhadap keputusan nasabah BSM Cabang Jember. Citra bank
berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah BSM Cabang Jember.