• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP/MTs

    Thumbnail
    View/Open
    Lusiana Herman - 120210103017 #.pdf (3.291Mb)
    Date
    2017-01-16
    Author
    HERMAN, Lusiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan atau kelayakan modul berbasis masalah pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP/MTs untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Model 4-D ini terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu Define yang terdiri dari analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi, dan merumuskan tujuan. Design yang terdiri dari menyususn tes kriteria, memilih media, pemilihan bentuk penyajian, dan rancangan awal/draf 1. Develop yang terdiri dari validasi modul oleh ahli, revisi modul, uji keterbacaan dan tingkat kesulitan modul, revisi modul, uji coba terbatas, dan revisi modul berdasarkan hasil uji coba, dan Disseminate. Namun penelitian ini hanya dilakukan samapai tahap Develop saja. Hasil analisis menunjukkan bahwa besar persentase validasi modul adalah 89,06% dengan krireria valid. Artinya produk baru siap dimanfaatkan dengan menambahkan sedikit kekurangan. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 100% siswa mengatakan mudah dan 0% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam modul. Hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata 93,7% siswa memberikan respon posistif terhadap modul yang dikembangkan sedangkan 6,3% siswa tidak merespon posistif. Artinya siswa sudah bisa memahami modul yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP/MTs layak dan siap dimanfaatkan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78646
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository