dc.description.abstract | Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) saluran pemasaran yang
digunakan oleh peternak ayam ras petelur terdiri dari tiga bentuk yaitu saluran
pemasaran satu tingkat (peternak – pedagang pengecer – konsumen), saluran
pemasaran dua tingkat (peternak – pedagang pengumpul – pedagang pengecer –
konsumen), dan saluran pemasaran tiga tingkat (peternak – pedagang besar –
pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen). (2) Fungsi-fungsi
pemasaran yang dilakukan oleh peternak meliputi: penjualan, pengangkutan,
informasi pasar, penanggungan resiko, dan pembiayaan. Fungsi pemasaran yang
dilakukan oleh pedagang besar meliputi: pembelian, penjualan, pengangkutan,
penyimpanan, informasi pasar, penanggungan resiko, dan pembiayaan. Fungsi
pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pengumpul meliputi: pembelian,
penjualan, pengangkutan, penyimpanan, informasi pasar, penanggungan resiko,
pengumpulan, dan pembiayaan. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang
pengecer meliputi: pembelian, penjualan, pengangkutan, penyimpanan, informasi
pasar, penanggungan resiko, dan pembiayaan. (3) Saluran pemasaran yang paling
efisien adalah saluran pemasaran 3 (Satu Tingkat). Saluran pemasaran 3 (Satu
Tingkat) memiliki nilai marjin pemasaran Rp. 4800,00/kg. Nilai marjin pemasaran
tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan saluran pemasaran 1 dan saluran
pemasaran 2 dimana memiliki nilai marjin pemasaran masing-masing Rp.
5434,38/kg dan Rp. 5330,00/kg. (4) Peternakan ayam ras petelur di Kecamatan
Balung Kabupaten Jember berada pada posisi (White Area) kuat berpeluang maka
usaha peternakan tersebut memiliki peluang pasar yang prospektif dan memiliki
kompetensi untuk mengerjakannya dengan menggunakan strategi S-O (Strenghts-
Opportunities) melalui menambah jumlah populasi ayam ras petelur, memperluas
daerah pemasaran, dan menjaga kualitas telur. | en_US |