Show simple item record

dc.contributor.advisorSaleh, Umar H.M.
dc.contributor.advisorKantun, Sri
dc.contributor.authorArisona, Yudi
dc.date.accessioned2016-12-07T02:04:01Z
dc.date.available2016-12-07T02:04:01Z
dc.date.issued2016-12-07
dc.identifier.nim090210301086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78330
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasidan hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 semester genap SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi pada kompetensi dasar konsep pasar dan terbentuknya harga pasar melalui penggunaan multimedia. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas tentang penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 pada kompetensi dasar konsep pasar dan terbentuknya harga pasar (studi kasus di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2015/2016). Skor motivasi belajar siswa sebelum menerapkan multimedia interaktif sebesar 1,4, sedangkan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 1,95, dan skor pada siklus II sebesar 2,45 yang masuk dalam kategori tinggi. Penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran ekonomi khususnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia interaktif memiliki ketuntasan klasikal belajar sebesar 63,6%, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 78.123%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 84,375%. Hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi mengalami peningkatan setelah penerapan multimedia interaktif. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi guru, hendaknya terus meningkatkan dan memvariasi model pembelajaran yang diterapkan di kelas dan bagi sekolah, lebih meningkatkan fasilitas sekolah terutama media elektronik guna menunjang proses pembelajaran di sekolah serta lebih meningkatkan perhatian terhadap motivasi siswa dalam belajar karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMultimedia Interaktifen_US
dc.subjectPeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectKonsep Pasaren_US
dc.subjectTerbentuknya Harga Pasaren_US
dc.titlePENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-IPS 1 PADA KOMPETENSI DASAR KONSEP PASAR DAN TERBENTUKNYA HARGA PASAR (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record