dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tahapan mengembangkan
multimedia inteaktif berbasis Adobe Flash pada pokok bahasan sistem respirasi untuk
siswa kelas XI SMA dan untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran
yang dikembangkan yaitu multimedia interaktif berbasis Adobe Flash pada pokok
bahasan sistem respirasi untuk siswa kelas XI SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research).
Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah berupa multimedia inteaktif
berbasis Adobe Flash pada pokok bahasan sistem respirasi untuk siswa kelas XI
SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan ASSURE (Analyze Learners; State Objectives; Select Methods,
Media, and Meterials; Utilize Media and Materials; Require Learner Participation;
Evaluate and Revise) yang dikembangkan oleh Heinich et. al. (2001). Prosedur
pengembangan penelitian ini di dasarkan pada 6 tahap, yakni : (1) analisis pelajar; (2)
merumuskan tujuan; (3) pemilihan metode, media, dan materi; (4) penggunaan media
dan materi; (5) partisipasi pelajar di dalam kelas; dan (6) penilaian dan revisi.
Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data hasil validitas multimedia
interaktif berbasis Adobe Flash dan data hasil uji kelompok terbatas pada siswa SMA
kelas XI berupa nilai pengisian angket yang diberikan setelah pembelajaran. Adapu
analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data presentasi yang kemudian
diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Hasil analisa menunjukan bahwa tingkat
validitas multimedia interaktif berbasis Adobe Flash yang telah divalidasi oleh
validator mencapai 82,22% dengan kategori baik dari segi ahli materi, 77,70%
dengan kategori baik dari segi ahli media Adobe Flash, 87,02% dengan kategori
sangat baik dari segi guru kelas XI SMA (pengguna), dengan demikian multimedia
interaktif berbasis Adobe Flash yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik
dan siap dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil analisa uji coba terbatas
mengenai keterbacaan dan tingkat kesulitan multimedia interaktif berbasis Adobe
Flash pada siswa kelas XI SMA mencapai 82,29% dengan kategori baik dari segi
keterbacaan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash, 83,99% dengan kategori
baik dari segi komponen kegiatan siswa, 76,66% dengan kategori baik dari segi
keterbacaan kegiatan siswa, dengan demikian keterbacaan multimedia interaktif
berbasis Adobe Flash yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dan mudah
untuk dimengerti siswa. Sementara hasil analisa respon siswa terhadap multimedia
interaktif berbasis Adobe Flash diperoleh rata-rata mencapai 88,86% yang termasuk
dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa siswa kelas XI SMA berespon
positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan, yaitu berupa multimedia
interaktif berbasis Adobe Flash. | en_US |