dc.contributor.advisor | Wasiati, Dra. Inti MM | |
dc.contributor.advisor | Rohman, HermantoS.Sos.MPA | |
dc.contributor.author | Ermawati, Astri | |
dc.date.accessioned | 2016-11-28T02:49:13Z | |
dc.date.available | 2016-11-28T02:49:13Z | |
dc.date.issued | 2016-11-28 | |
dc.identifier.nim | 090910201035 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78236 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kepuasan pasien unit rawat
jalan di Puskesmas Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Sesuai dengan amanat undangundang Pemerintah wajib memberikan sarana dan prasarana kesehatan. Kesehatan
merupakan kenutuhan mendasar yang harus dimiliki oleh manusai untuk melakukan
aktifitasnya. Kesetanan juga merupakan salah satu factor agar tercapainya
pembangunan nasionsal.
Pemerintah dalam hal kesehatan telah menyediakan rumah sakit, puskesmas
dan posyandu sebagai sarana dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat.Puskesmas
sebagai salah satu lembaga milik Pemerintah mempunyai tujuan untuk memberikan
pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Penelitian ini diadakan di Kabupaten
Nganjuk karena di sana belum ada Puskesmas yang pernah mendapatkan ISO. Lokasi
penelitian di Puskesmas Nganjuk karena Puskesmas Nganjuk merupakan Puskesmas
terbaik di Kabupaten Nganjuk hal ini dapat dilihat dari perolehan penghargaan pada
tahun 2014 memperoleh penghargaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk
sebagai juara 1 tingkat Kabupaten. Pada akhir 2015 memperoleh penghargaan tingkat
Provinsi Jawa Timur sebagai Juara 1 Puskesmas berprestasi Kategori Perkotaan.
Dalam memberikan pelayanan salah satu tujuan utama pemerintah adalah
untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Menurut Napitupulu
(2007:174)”prinsip kepuasan masyarakat dalam proses pelayanan jasa public oleh
pemerintah sebagai service provider sangat penting karena hanya dengan memenuhi
kebutuhan pelanggan secara memuaskan , keberadan pemerintah itu diakui dan
mendapat legitimasi dan kepercayaan dari rakyatnya”. Dari pernyataan tersebutix
ix
peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kepuasan masyarakat. Analisis data
yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis. Skor harapan dan persepsi
pasien yang mempunyai nilai tertinggi adalah harapan pasien pada dimensi
Responsive masing-masing sebesar 232 untuk harapan dan untuk persepsi pasien 235.
Rata-rata kepuasan pasien unit rawat jalan Puskesmas Nganjuk yaitu sebesar 101%.
Nilai rata-rata kepuasan tersebut diperoleh dari perbandingan antara harapan pasien
dengan persepsi yang diterima, digunakan sebagai acuaan untuk menentukan apakah
atribut yang mewakili dimensi sudah memuaskan atau belum memuaskan. Untuk
nilai tingkat kesesuaian yang lebih rendah dari rata-rata keseluruhan/rata-rata
kepuasan maka bisa dikataan atribut tersebut belum memuaskan, apabila nilai tingkat
kesesuaian atribut lebih tinggi atau sama dengan rata-rata keseluruhan makan dapat
dikatakan bahwa atribut tersebut telah memuaskan.
Menggunakan diagram kartesius untuk menentukan prioritas setiap atribut yag
mewakili dimensi. Dari penelitian yang telah dilakuakan ditemukan bahwa ada 1
atribut yang berada di kuadran A yaitu tentang kondisi lahan parkir yang aman dan
memmadahi. Atribut ini dapat diaktakan belum memuaskan karena mempunyai skor
tingkat kesesuaia yang rendah dari nilai rata-rata keseluruhan tingkat kesesuaian. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan di Puskesmas | en_US |
dc.title | KEPUASAN PASIEN UNIT RAWAT JALAN DI PUSKESMAS NGANJUK KABUPATEN NGANJUK ( The Satisfaction of Outpatient Unit in The Local Government Clinic of Nganjuk in Nganjuk Regency) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |