Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihatin, Jekti
dc.contributor.advisorWaluyo, Joko
dc.contributor.authorDARMAYANTI, VIVI
dc.date.accessioned2016-11-24T04:03:12Z
dc.date.available2016-11-24T04:03:12Z
dc.date.issued2016-11-24
dc.date.submitted
dc.identifier.nim140220104014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78226
dc.description.abstractPembelajaran merupakan proses yang diselenggarakan guru untuk membelajarkan siswa, bagaimana belajar memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta memberikan kesempatan siswa belajar secara mandiri. Salah satu metode pembelajaran yang menjadikan siswa menjadi siswa yang mandiri yaitu metode membaca. Salah satu model pembelajaran yang berbasis membaca adalah Think, Talk, Write (TTW) dan Reading, Questioning, and Answering (RQA). Berdasarkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh TTW dan RQA maka kedua model pembelajaran ini dapat dikembangkan dengan cara dipadukan. TTW mampu mereduksi kelemahan pembelajaran RQA yaitu mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menekankan arti kebersamaan. Pembelajaran RQA menjadikan siswa lebih siap dalam mengikuti pembelajaran dengan cara membaca materi pelajaran terlebih dahulu sehingga siswa akan lebih mudah dalam mengikuti pelajaran. Integrasi kedua model tersebut merupakan perpaduan sintaks-sintaks model pembelajaran TTW dan RQA yang kemudian dikenal dengan model pembelajaran RASI (Reading, Analyzing, Sharing, and Inferring). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran RASI yang valid dalam pembelajaran IPA di SMP dan keefektifan model pembelajaran untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VII di SMP negeri 4 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan siswa, angket self regulated learning, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data persentase dan normalized gain. Rata-rata hasil validasi model pembelajaran oleh validator ahli dan pengguna yaitu 88,61% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji terbatas, hasil penilaian respon guru mencapai 81,67% dan respon siswa 83,01% dengan kategori sangat baik, sehingga model RASI dapat dilanjutkan ke uji lapangan. Data yang diperoleh pada uji lapangan siklus 1 yaitu data peningkatan self regulated learning siswa dapat dilihat dari rerata normalized gain (g) 0,55 dengan kategori sedang. Data peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari rerata normalized gain yaitu 0,63 dengan kategori sedang. Data peningkatan hasil belajar afektif dapat dilihat dari normalized gain (g) 0,18 dengan kategori rendah. Data peningkatan hasil belajar psikomotor dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,12 dengan kategori rendah. Pada siklus 2 yaitu data peningkatan self regulated learning siswa yang dapat dilihat dari hasil analisis normalized gain yaitu 0,72 dengan kategori tinggi. Data peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,77 dengan ketegori tinggi. Data peningkatan hasil belajar afektif dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,74 dengan kategori tinggi. Data peningkatan hasil belajar psikomotor dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,71 dengan ketegori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RASI yang valid dalam pembelajaran IPA yaitu telah memnuhi unsur-unsur model pembelajaran seperti sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional, dan dampak pengiring. Model pembelajaran RASI efektif dalam meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa masing-masing pada kategori tinggi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran RASI (Reading, Analyzing, Sharing, And Inferring)en_US
dc.subjectSelf Regulated Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RASI (READING, ANALYZING, SHARING, AND INFERRING) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record