Show simple item record

dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko
dc.contributor.advisorSubiki
dc.contributor.authorOktadifani, Utari
dc.date.accessioned2016-11-23T02:16:35Z
dc.date.available2016-11-23T02:16:35Z
dc.date.issued2016-11-23
dc.identifier.nim100210102087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78205
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design dengan menggunakan desain post-test only control-group design. Tempat penelitian ditentukan melalui metode purposive sampling area, yaitu di SMA Negeri 1 Probolinggo. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling untuk menentukan sampel siswa yang akan dipilih. Penentuan sampel siswa yang akan dipilih dilakukan setelah uji homogenitas terhadap populasi dari kelas X. Data kemampuan afektif dan psikomotor siswa diperoleh melalui observasi, sedangkan kemampuan kognitif siswa berdasarkan hasil post-test. Wawancara dan dokumentasi diperlukan sebagai data pendukung. Teknik analisis untuk menguji hipotesis penelitian pada kemampuan kognitif siswa menggunakan uji Independent sample t-test berbantuan SPSS 22. Dari hasil analisis diperoleh persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa tiap indikator dari KBM I dan II sebesar 85.09%, apabila persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa tersebut disesuaikan dengan kriteria keterampilan proses sains, maka keterampilan proses sains siswa termasuk pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa model project based learning bepengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Data hasil belajar dianalisa menggunakan uji t dan diperoleh ttes > ttabel (3.558 > 2.0017) dan nilai sig (1-tailed) ≤ 0.05 yaitu 0.001 ≤ 0.05, sehingga didapati kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Probolinggo setelah pembelajaran menggunakan model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model yang biasa digunakan di SMA. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa kelas X MIA E SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model project based learning termasuk dalam kategori baik dan (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika setelah pembelajaran menggunakan model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model yang biasa di gunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectKeterampilan Proses Sainsen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record