dc.description.abstract | Kemampuan berbicara merupakan kemampuan anak dalam menyebutkan
nama benda dengan benar, berbicara lancar dengan kalimat sederhana, serta
menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat sederhana (Montolalu, 2011:6.5).
Berdasarkan hasil observasi awal anak kurang mampu menyebut nama benda
dengan benar, anak masih kurang mampu menceritakan kembali isi cerita dengan
kalimat sederhana, serta anak kurang lancar dalam berbicara dengan kalimat
sederhana. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian anak terhadap penjelasan guru
sedangkan guru masih cenderung menggunakan majalah anak sebagai media dan
sumber belajar anak serta guru menggunakan metode bercakap-cakap, sehingga
kemampuan anak dalam berbicara belum optimal.
Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan
menerapkan metode bercerita berbantuan media papan flanel. Media papan flanel
dapat meningkatkan minat belajar anak serta dapat memfokuskan perhatian anak
dalam kegiatan pembelajaran. Rusmusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)
bagaimanakah penerapan metode bercerita berbantuan media papan flanel untuk
meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A1 di TK Dharma Wanita
Grenden Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ?; dan 2) bagaimanakah
peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A1 melalui penggunaan media
papan flanel di TK Dharma Wanita Grenden Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2015/2016 ?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini
adalah: 1) mendeskripsikan penggunaan metode bercerita berbantuan media papan
flanel yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A1 di TK
Dharma Wanita Grenden Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; dan 2) meningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A1 melalui penggunaan
metode bercerita berbantuan media papan flanel di TK Dharma Wanita Grenden
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita Grenden Kecamatan
Puger Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A1 yang
berjumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode observasi,
metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang
digunakan, yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian tindakan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan
metode bercerita berbantuan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan
anak kelompok A1 dalam kemampuan berbicara yaitu pada siklus I dilaksanakan
dengan cara guru memperlihatkan media papan flanel kepada anak sebagai alat
bantu bercerita, tanya jawab apa saja yang berada di papan flanel, anak
menceritakan kembali cerita dengan kalimat sederhana di meja guru, dan evaluasi,
pada siklus II penekanannya pada kegiatan anak bercerita yaitu anak bercerita
dengan kalimat sederhana menggunakan papan flanel. Nilai rata-rata kelas pada
siklus I sebesar 73,62, dan siklus II meningkat menjadi 82,89. Saran penelitian ini
bagi guru adalah hendaknya menerapkan metode bercerita berbantuan media
papan flanel untuk melatih anak dalam berbicara pada pembelajaran, sedangkan
saran bagi kepala sekolah hendaknya menyarankan kepada guru-guru untuk
menerapkan metode bercerita berbantuan media papan flanel dalam kegiatan
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara, | en_US |