Show simple item record

dc.contributor.advisorWidodo, Djoko
dc.contributor.advisorSuyadi, Bambang
dc.contributor.authorPRISTIWANTORO, ANGGA
dc.date.accessioned2016-11-18T11:22:05Z
dc.date.available2016-11-18T11:22:05Z
dc.date.issued2016-11-18
dc.identifier.nim110210301059
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78116
dc.description.abstractPemanfaatan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan pustaka, tetapi dengan adanya perpustakaan sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, sehingga pengetahuan yang dimiliki siswa akan mengalami peningkatan. Adanya pengetahuan yang luas berkaitan dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peran yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah, khususnya pada sekolah yang mengutamakan suatu keterampilan khusus, seperti pada SMK PGRI 5 Jember. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswakelas X Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi SMK PGRI 5 Jember TahunAjaran 2015/2016. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK PGRI 5 Jember tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif .Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di di SMK PGRI 5 Jember. Untuk menentukan sample penelitian menggunakan metode sampling yaitu sebanyak 58 responden yang merupakan siswa kelas X Jurusan Akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial yang terdiri: analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK PGRI 5 Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu Fhitung = 231,699 > Ftabel = 4,013 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05. dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 80,5%. sedangkan sisanya yaitu 19,5% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak sekolah, hendaknya meningkatkan kuantitas buku yang ada di perpustakaan sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, pihak sekolah sebaiknya lebih memperhatikan mengenai luas perpustakaan, agar lebih diperluas untuk kenyamanan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan tersebut. Dan bagi siswa, untuk terus meningkatkan belajar agar hasil belajar yang diperoleh terus meningkat. Selain itu siswa agar semakin aktif dalam mencari tambahan informasi dan materi di perpustakaan, serta memanfaatkan perpustakaan secara maksimal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPERPUSTAKAAN SEKOLAHen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWA KELAS Xen_US
dc.subjectMATA PELAJARAN AKUNTANSIen_US
dc.titlePENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record