Show simple item record

dc.contributor.advisorAl Latief, Misno
dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.authorYamani, Ana Istiana
dc.date.accessioned2016-11-18T11:18:47Z
dc.date.available2016-11-18T11:18:47Z
dc.date.issued2016-11-18
dc.identifier.nim120210205037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78115
dc.description.abstractKeterampilan motorik kasar anak adalah keterampilan menggerakkan otototot besar yang ada pada tubuh, motorik kasar merupakan keterampilan yang harus di kembangkan karena motorik kasar membantu daya tahan tubuh anak dari hal-hal yang berhubungan dengan fisik, Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, dapat diketahui bahwa keterampilan motorik anak masih rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 07 November 2015, terdapat adanya sejumlah anak yang perkembangan motorik kasarnya kurang berkembang, berjumlah 30 anak pada kelompok B, terdapat lebih 30% yang motorik kasarnya belum berkembang. Hal ini disebabkan dari sebagian anak tersebut belum terbiasa melakukan permainan yang melatih otot, dalam kegiatan berlari atau melompat, anak belum bisa melakukannya dengan baik, adapula sebelum melakukan kegiatan dengan gerakan yang berat anak menangis atau mengeluh karna takut terjatuh. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Dalam Bermain Petak Umpet di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian yaitu : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Dalam Bermain Petak Umpet di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan di TK Dharma Indria I Keamatan Patrang kabupaten jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang berjumlah 30 anak, yang terdiri dari 15 anak laki-lai dan 15 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakuakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan permainan petak umpet meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 46,8, siklus I 69,4, dan siklus II meningkat menjadi 86,3. Kesimpulan dari peneltian ini adalah penerapan permainan petak umpet dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru yaitu : 1) Guru, Hendaknya menerapkan permainan petak umpet agar keterampilan motorik kasar anak kelompok B meningkat secara berkelanjutan. 2) hendaknya sangat diperhatikan juga merapkan permainan petak umpet juga dapat mengembangkan keterampilan lainya 3) guru hendaknya lebih kreatif dalam pembelajaran agar anak tidak pasif di dalam kelas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK Ben_US
dc.subjectPERMAINAN PETAK UMPETen_US
dc.subjectTK DHARMA INDRIA Ien_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record