Show simple item record

dc.contributor.advisorIndrawati
dc.contributor.advisorHandayani, Rif’ati Dina
dc.contributor.authorNur, Ahmad Tajuddin
dc.date.accessioned2016-11-18T10:58:17Z
dc.date.available2016-11-18T10:58:17Z
dc.date.issued2016-11-18
dc.identifier.nim120210102024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78109
dc.description.abstractSalah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa di SMA adalah diterapkannya pembelajaran model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry). Model pembelajaran GIGI (Group Investigation-Guided Inquiry) adalah model pembelajaran yang langkahlangkahnya terdiri atas membangun konsep (Constructing of Concept), mengajukan/meminta bimbingan pada guru (Guiding), merumuskan dan menguji hipotesis (Formulating of hypothesis), dan mengkomunikasikan dan menilai hasil (Comunicating and assessing). Dengan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry), siswa dapat menemukan pengetahuan atau informasi baru sendiri dan dapat mengembangkan keterampilan sosial dan keterampilan proses, serta karakternya melalui investigasi di lingkungannya bersama-sama dengan kelompoknya dan diperkuat dengan bimbingan dari guru. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam pembelajaran fluida dinamis di SMA Negeri Pakusari kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016; (2) untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fluida dinamis di SMA Negeri Pakusari kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penentuan populasi dan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Pakusari. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling dan teknik undian. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa. Analisis data post-test menggunakan independent sample t-test untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fluida dinamis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang terdiri dari merumuskan hipotesis, mengenali variabel, melakukan eksperimen, mengumpulkan dan mengolah data, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan yang didapat dari kegiatan observasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran dengan menggunakan model GI-GI berlangsung sebesar 90,6 %, angka ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis independent sample t-test terhadap hasil post-test siswa menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor post-test siswa kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran fluida dinamis. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran fluida dinamis menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016 termasuk dalam kriteria sangat baik; dan (2) Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pakusari tahun ajaran 2015/2016 dalam pembelajaran fluida dinamis.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN GI-GIen_US
dc.subjectGROUP INVESTIGATIONGUIDED INQUIRYen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FLUIDA DINAMISen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN GI-GI (GROUP INVESTIGATIONGUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS DI SMA (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record