dc.description.abstract | Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar yang
diperoleh peserta didik. Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik, banyak
dijumpai layanan Lembaga Bimbingan Belajar swasta (nonformal) di sekitar
masyarakat. Kehadiran lembaga bimbingan belajar tersebut diharapkan dapat
membantu peserta didik agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan
akademis, sosial, dunia kerja, dan tuntutan psikologis sesuai dengan potensi yang
dimilikinya. Pelayanan bimbingan belajar di luar sekolah diharapkan mampu berjalan
secara terpadu dengan program pengajaran yang ada di sekolah. Begitu halnya pada
Lembaga Bimbingan Belajar DELTA Jember, dimana pada lembaga bimbingan
belajar berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta didik agar
dapat memperoleh prestasi belajar yang maksimal.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi
belajar siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dan sesudah mengikuti
bimbingan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar DELTA Jember tahun 2016.
Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada perbedaan prestasi belajar
yang signifikan antara siswa sebelum mengikuti bimbel dengan sesudah siswa
mengikuti bimbel di LBB Delta Jember tahun 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area yaitu di Lembaga Bimbingan Belajar Delta
Jember. Untuk menentukan populasi penelitian menggunakan metode purposive,
sedangkan untuk menentukan jumlah responden dalam penelitian menggunakan
metode populasi yaitu sebanyak 55 siswa yang mengikuti program reguler selama 1-2
tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: kuesioner
(angket), observasi, dokumen, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis inferensial dengan menggunakan Paired Sampel T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar
siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dengan sesudah mengikuti bimbingan
belajar di LBB Delta Jember tahun 2016 secara signifikan, sehingga Ho diterima dan
H ditolak yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar
siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dan sesudah mengikuti bimbingan
belajar di LBB Delta Jember. Hal tersebut dapat dilihat dari thit ≥ ttab (11,718 >
2,00488) dan α = 0,025 > sig = 0,000 dengan nilai beda rata-rata sebesar -4,34545.
Banyak dari siswa kelas XII di Lembaga Bimbingan Belajar Delta Jember
yang mengikuti program regular mengalami peningkatan prestasi belajar yang mereka
peroleh. Hal tersebut dikarenakan dengan mengikuti bimbingan belajar di Delta
Jember, para siswa tersebut diberikan pembelajaran yang lebih lengkap dan singkat
mengenai materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga siswa menjadi
lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan tersebut. Jadi
prestasi belajar siswa mengalami peningkatan daripada sebelum ikut dalam Lembaga
Bimbingan Belajar Delta Jember tersebut.
Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak Lembaga Bimbingan Belajar
Delta Jember, yaitu untuk terus meningkatkan kinerja tentor pada bimbingan belajar
tersebut. Metode pembelajaran yang diterapkan juga harus lebih ditingkatkan lagi.
Selain itu, untuk fasilitas yang ada di LBB Delta sebaiknya lebih ditingkatkan lagi
terutama luas ruang kelas. Dan bagi siswa, untuk lebih meningkatkan belajar agar
dapat meningkatkan prestasi belajarnya. | en_US |