Show simple item record

dc.contributor.advisorINDRAWATI
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.authorINDRASARI, Hairuni
dc.date.accessioned2016-11-18T07:28:54Z
dc.date.available2016-11-18T07:28:54Z
dc.date.issued2016-11-18
dc.identifier.nimNIM110210102070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78092
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru fisika SMA Negeri 4 Jember, hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh adanya ketidakcocokan model, metode, bahan ajar, bahkan media yang digunakan selama pembelajaran. Hal ini membuat siswa menganggap pelajaran fisika sulit dan membosankan. Siswa kurang berminat dan antusias untuk mempelajari fisika sehingga motivasi belajar fisika siswa menjadi rendah pula. Guru seharusnya memilih model, metode, bahan ajar, dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi pelajaran dan didasarkan bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan dan taraf berfikir yang berbeda-beda. Salah satu solusi alternatif yang diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar siswa adalah model pembelajaran quantum teaching. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika yang terhadap hasil belajar dan motivasi belajar fisika siswa SMA Negeri 4 Jember. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas X yang terdiri dari 6 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post-test control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data berasal dari guru, siswa, penilaian observer, dan post-test. Sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji normalitas data terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan uji t untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis Independent Sample TTest dengan bantuan program SPSS 16 guna menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test untuk hasil belajar siswa pada ranah kognitif yang didapat dari post-test menunjukkan bahwa nilai sig.(2- tailed) lebih kecil dari α (0,05) yaitu sebesar 0,000 sehingga pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), nilai sig. (2- tailed) dibagi 2 yaitu sebesar 0,000 atau < 0,05, maka hasil belajar pada ranah kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Selanjutnya hasil analisis Independent Sample T-Test untuk hasil belajar ranah afektif menunjukkan bahwa hasil belajar ranah afektif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Selanjutnya hasil analisis Independent Sample T-Test untuk hasil belajar ranah psikomotor menunjukkan bahwa hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (Ha diterima, Ho ditolak). artinya model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa. Hasil analisis Independent Sample T-Test untuk motivasi belajar, didapatkan nilai sig. = 0,001 artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05. Sehingga pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), maka nilai sig. (p-value) dibagi 2 yaitu sebesar 0,0005 atau < 0,05 sehingga Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Jember, (2) Model quantum teaching disertai LKS berbasis kartun fisika berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar fisika siswa SMA Negeri 4 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210102070;
dc.subjectModel Quantum Teachingen_US
dc.subjectKartun Fisikaen_US
dc.subjectPembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS KARTUN FISIKA TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record