dc.description.abstract | Kemampuan Kognitif memegang peran penting bagi individu dalam
kehidupan sehari-hari. Namun secara keseluruhan kemampuan kognitif pada
kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran
2015/2016 masih kurang berkembang, karena di saat guru melaksanakan
pembelajaran dengan menerapkan beberapa kegiatan dalam satu hari, hal ini
mengakibatkan anak tidak bisa berkonsentrasi penuh saat mengerjakan tugas,
anak menjadi terburu-buru dalam mengerjakannya dan anak juga mudah lelah.
Hasil belajar dalam kemampuan kognitif anak yang dilakukan melalui
beberapa kegiatan menunjukkan bahwa dari 20 anak dalam kelompok B2 hanya 9
anak yang sudah mulai berkembang kemampuan kognitifnya dengan baik, dan
sisanya sebanyak 11 anak kemampuan kognitifnya masih kurang berkembang,
untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan memfokuskan pembelajaran
pada satu kegiatan saja, sehingga nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan
sesuai dengan harapan.
Berdasarkan latar belakang yng telah dikemukakan, rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan kegiatan bermain balok
dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-
Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016? ; dan (2)
bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B2 melalui
kegiatan bermain di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun
pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan
penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan bermain balok yang
dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-
Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016; (2)
meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 setelah melakukan
kegiatan bermain balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Kemmis dan MC Taggart.
Metode pengumpulan data yng digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses kegiatan bermain balok dalam
meningkatkan kemampuan kognitif anak dilaksanakan dalam 2 siklus.
Melalui kegiatan bermain balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat
ditingkatkan. Penerapan bermain balok dalam meningkatan kemampuan kognitif
anak kelompok B TK Ilmu Al-Quran Sempusari Kaliwates Jember dilaksanakan
dalam 2 siklus. Siklus I dilasanakan didalam kelas dengan 3 kelompok sesuai
warna bangku dan untuk menyusun balok tidak di waktu. Anak di ajak untuk
menentukan warna balok, bentuk balok, menyebutkan bagian-bagian dari
bangunan yang di susun, menyebutkan kembali benda-benda yang baru saja
dilihat sedangkan pada siklus II dilaksanakan di dalam kelas dengan 3 kelompok
sesuai warna bangku, anak diminta kurang lebih dari 5 menit untuk menyusun
balok menjadi bangunan rumah agar mendapat nilai bintang 4. Anak di ajak untuk
menentukan warna balok, bentuk balok, menyebutkan bagian-bagian dari
bangunan yang di susun, menyebutkan kembali benda-benda yang baru saja
dilihat, serta anak di ajak menyanyikan lagu bentuk besertagerakannya.
Peningkatan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain balok anak kelompok
B2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
dapat ditingkatkan. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 42,75, pada siklus I
meningkat menjadi 69, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi
Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan pada pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain balok, maka hasil
dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: Proses kegiatan bermain balok
dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dapat diterapkan melalui
pembelajaran dengan bermain. | en_US |