dc.description.abstract | Salah satu faktor pendukung keberhasilan kurikulum 2013adalah
ketersediaan buku sebagai bahan ajar. Bahan ajar merupakan segala bahan yang
disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan
dikuasai siswa dan digunakan dalam proses pembelajaran.Untuk mengembangkan
bahan ajar digunakan suatu pendekatan yang dapat mengoptimalkan modalitas siswa
dalam belajar sehingga mampu mencapai kompetensi yang diinginkan.Salahsatu
pendekatan yang mampu memaksimalkan modalitas siswa dalam belajar adalah
pendekatan SAVI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar biologi berbasis
pendekatan SAVI pada pokok bahasan ekosistem kelas VII SMP dan untuk
mengetahui kevalidan/kelayakan hasil pengembangan bahan ajar biologi berbasis
pendekatan SAVI pada sub pokok bahasan komponen ekosistem kelas VII SMP
untuk digunakan dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Bahan ajar yang
dikembangkan adalah buku siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah
model pengembanganBorg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yaitu research
and information collecting (pengumpulan informasi), planning (melakukan
perencanaan), develop preliminary form of product (pengembangan produk awal),
preliminary field testing (uji terbatas/uji kelompok kecil), main product revision
(revisi hasil uji terbatas), main field testing (uji lapangan/uji kelompok besar),
operational product revision (revisi hasil uji lapangan), operational field testing (uji
kelayakan), final product revision (revisi hasil uji kelayakan), dan dissemination and
implementation (diseminasi dan implementasi produk akhir). Adapun penelitian ini
hanya sampai pada langkah main field testing (uji lapangan/uji kelompok besar).
Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Jenggawah
Kabupaten Jember yang berjumlah 38 siswa tahu ajaran 2014/2015. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, metode tes, angket, dan
wawancara.
Data yang diperoleh yaitu hasil validasi buku siswa, uji keterbacaan, hasil
belajar siswa, dan respon siswa. Validasi buku siswaoleh ahli materi, ahli
pengembangan, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil belajar siswa berupa nilai pre-test
dan post-test. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisisdata persentase yang hasilnya diubah menjadi data kualitatif deskriptif. Adapun data hasil
belajar siswa dianalisis menggunakan normalized gain.
Analisis hasil validasi ahli menunjukkan bahwa rata-rata penilaian ahli untuk
buku siswa adalah 78,71%(kategori sangat baik).Artinya bukuyang dikembangkan
siap dimanfaatkan di lapangan untuk kegiatan pembelajaran.Rata-rata hasil uji
keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa adalah 80,09%(kategori sangat baik).
Adapun rata-rata penilaian respon siswa terhadap buku siswa berbasis pendekatan
SAVI adalah 81,27% (kategori sangat baik). Hasil belajar siswa mengalami
peningkatan yang dapat dilihat dari selisih hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata
pre-test siswa adalah36,83 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 69,72, dengan
selisih antara rata-rata pre-test dan post-test adalah 32,89.Hasil belajar tersebut
dianalisis menggunakan rumus normalized gain. Rata-rata hasil normalized gain
adalah 0,51 dengan kriteria sedang, artinya buku siswa berbasis pendekatan SAVI
dapat menaikkan hasil belajar siswa dengan kriteria sedang.Berdasarkan analisis data
tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan SAVI memiliki
kualiatas sangat baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok
bahasan ekosistem. | en_US |