Show simple item record

dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.advisorGani, Agus Abdul
dc.contributor.authorYUWONO, Galih Rinekso
dc.date.accessioned2016-11-18T06:49:41Z
dc.date.available2016-11-18T06:49:41Z
dc.date.issued2016-11-18
dc.identifier.nimNIM120210102093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78082
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan terhadap gejala-gejala alam. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan beberapa guru fisika SMA di kabupaten Jember, peneliti memperoleh informasi bahwa guru biasanya hanya menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika yaitu model pembelajaran kooperatif dengan mengelompokkan siswa. Didapatkan pula bahwa komponen pengetahuan siswa dari hasil belajar fisika siswa tergolong rendah. Dimana komponen pengetahuan dari hasil belajar siswa berupa kemampuan representasi verbal, gambar, matematis, dan grafik. Hal ini disebabkan metode ceramah, merupakan tahapan model pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan bantuan media papan tulis, seolah menegaskan bahwa guru hanya mengajarkan konsep-konsep fisika berupa rumus matematis dan verbal. Hal ini menyebabkan siswa tetap terpacu pada matematis dan verbal saja. Selain komponen pengetahuan dari hasil belajar, keterampilan proses sains dari siswa juga tergolong rendah hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan kegiatan eksperimen di kelas maupun laboratorium. Berkaitan dengan hal tersebut, maka berbagai upaya dalam rangka meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA) perlu dipikirkan. Salah satunya adalah dengan variasi penggunaan model pembelajaran berdasarkan kemampuan multirepresentasi siswa yaitu dengan model inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi verbal siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika di SMA, (2)mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi gambar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika di SMA, (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika di SMA, (4) mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi grafik siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika di SMA, (5) mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 dengan menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan nilai n-gain diperoleh bahwa kemampuan representasi verbal, gambar, matematis, dan grafik adalah -4,17, -5,37, 15,56, 9,57. Dan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,12 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh angka 60,73. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan representasi verbal siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami penurunan, (2) Kemampuan representasi gambar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami penurunan, (3) Kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami peningkatan, (4) Kemampuan representasi grafik siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami peningkatan, (5) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hassil belajar siswa di SMAen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102093;
dc.subjectModel Inkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectKemampuan Representasien_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, GAMBAR, MATEMATIS, GRAFIK, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record