dc.description.abstract | Persaingan bisnis saat ini semakin dinamis memacu para pengelola
perusahaan untuk dapat berpikir secara kreatif, inovatif agar selalu memberikan
diferensiasi, serta keunggulan bagi perusahaannya dibandingkan dengan para
pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penjualan
setelah dilakukan inovasi pada produk di percetakan Sakila Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan penelitian
kualitatif. Penelitian ini dilakukan di percetakan Sakila, di Patrang Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan popusive.Analsisi
data yang digunakan adalah trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penemuan dan penggalian
ide diperoleh dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi sumber
daya-sumber daya yang terdapat dalam perusahaan, sedangkan eksternal meliputi
kondisi masyarakat / konsumen, trend, dsb. Lingkup inovasi yang digunakan oleh
percetakan Sakila adalah Inovasi produk, yaitu inovasi mendasar yang dilakukan
pada pengembangan varian produk. Awalnya produk lama terlalu banyak
kelemahan baik dari kualitas, ketahanan, pilihan warna serta prosesnya.
Penyampaian pada konsumen dilakukan dengan pemberian contoh secara
langsung terhadap konsumen. Inovasi desain atau tampilan produk menarik.
Inovasi dilakukan dengan menyediakan ukuran yang lebih sesuai dari ukuran
sebelumnya. Setelah ditawarkan dengan ukuran baru, respon pasar positif, karena
lebih sesuai.
Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa Inovasi produk
dilakukan pada tingkatan inovasi produk, yaitu inovasi yang diterapkan pada
proses pengembangan dan peragaman produk. Elemen produk yang diinovasi
adalah ukuran / bentuk, dan desain. | en_US |