Show simple item record

dc.contributor.advisorSoepeno, Bambang
dc.contributor.advisorSugiyanto
dc.contributor.authorAr-Rahmanna, Tvillu Ajeng
dc.date.accessioned2016-11-17T04:45:22Z
dc.date.available2016-11-17T04:45:22Z
dc.date.issued2016-11-17
dc.identifier.nim120210302056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77987
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Posttest Design yang sesuai dengan tujuan dan permasalahan dalam penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) angket; (2) tes; dan (3) wawancara. Analisis data yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis statistik uji t dua sampel berhubungan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film terhadap minat belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (14,216) > ttabel (2,064) dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (14,812) > ttabel (2,064) dan teknik analisis statistik uji Analisis variasi satu jalur (One-way Anova) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil Rasio F (5,320) > Ftabel (3,44). Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi software SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Al- Badri Gumuksari-Kalisat Jember menunjukkan hasil bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran film terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah; (2) ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran film terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. Kesimpulan secara garis besar dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran film dapat mempengaruhi secara signifikan minat belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Al-Badri Gumuksari-Kalisat Jember. Minat belajar sejarah pada peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Al-Badri Gumuksari-Kalisat Jember. Melalui kesimpulan diatas, maka saran dari peneliti adalah agar peserta didik dapat memahami dan melaksanakan pembelajaran sejarah yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran film, pendidik dan calon pendidik sejarah diharapkan dapat memperluas wawasan dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran film, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran film.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Filmen_US
dc.subjectMinat dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS MA AL-BADRI GUMUKSARI-KALISAT JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record