Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorAsyiah, Iis Nur
dc.contributor.authorDEWI, Jiniari Apriska
dc.date.accessioned2016-11-17T04:16:17Z
dc.date.available2016-11-17T04:16:17Z
dc.date.issued2016-11-17
dc.identifier.nimNIM. 140220104017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77979
dc.description.abstractProses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang lebih banyak melibatkan siswa untuk aktif selama proses pembelajaran adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Penggunaan model RT akan menjadi kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan aktivitasnya, khususnya aktivitas lisan sehingga hasil belajar kognitifnya akan meningkat. Akan tetapi masih ada kelemahan RT yaitu keterbatasan literatur yang dimiliki oleh siswa untuk tahap mengklarifikasi jawaban. Kelemahan tersebut bisa diminimalisir dengan menambahkan metode baru sehingga siswa tidak kembali terpaku dengan buku sebagai sumber belajar dalam tahap klarifikasi jawaban. Model pembelajaran lain yang juga cocok dengan pembelajaran IPA adalah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) karena dalam proses pembelajarannya peserta didik harus berbuat sesuatu, mengetahui dan menemukan masalah kemudian memecahkan masalah tersebut. PBL masih memiliki kelemahan yaitu dalam tahap menemukan masalah. Perpaduan RT dan PBL diharapkan akan memberikan pengalaman belajar yang maksimal kepada peserta didik. Berdasarkan beberapa kelebihan masing-masing strategi tersebut maka dikembangkan suatu model pembelajaran baru, yaitu model pembelajaran REQUEST (Resume, Question, Investigation, Solution, Presentation) dengan sintaks yang mengakomodir kelebihan model pembelajaran RT dan PBL. Pengembangan model pembelajaran REQUEST akan mencerminkan keterlibatan siswa secara aktif yang nantinya akan melatih siswa untuk memberdayakan keterampilan metakognisi dan juga meningkatkan retensi hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran REQUEST yang valid dan praktis serta memberdayakan keterampilan metakognitif yang didukung dengan peningkatan retensi siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan Borg and Gall (1983) sehingga dihasilkan produk berupa model pembelajaran REQUEST. Model pembelajaran REQUEST terdiri dari tahap menyusun resume sebelum kegiatan pembelajaran, menemukan masalah yang disusun dalam bentuk pertanyaan, melakukan kegiatan investigasi untuk menyelesaikan masalah dan mencari solusi terbaik dari hasil kegiatan investigasi untuk dipresentasikan di depan kelas. Hasil validasi menunjukkan rerata persentase 80,77% dan 82,05% yang menunjukkan bahwa model REQUEST telah valid dan didukung adanya respon positif guru dan juga siswa setelah menggunakan model pembelajaran REQUEST. Model pembelajaran REQUEST mampu meningkatkan keterampilan metakognisi siswa secara nyata ( P = 0,000) dengan perbedaan sebesar 8,11% dimana model pembelajaran REQUEST memiliki kemampuan yang lebih besar dibandingkan pembelajaran multistrategi. Model pembelajaran REQUEST mampu memberdayakan keterampilan metakognisi siswa karena melalui pembelajaran ini siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dalam mencari solusi dari permasalahan yang mereka temukan serta memberi peluang bagi siswa untuk berpikir secara independen Model pembelajaran REQUEST mampu meningkatkan retensi hasil belajar siswa tetapi tidak secara nyata ( P = 0,268). Retensi hasil belajar siswa yang difasilitasi dengan model pembelajaran REQUEST hanya 3,68% lebih besar dibandingkan retensi hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang diberi pembelajaran multistrategi. Rendahnya perbedaan tersebut dikarenakan kedua strategi pembelajaran sama-sama memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa sehingga tingkat retensi hasil belajar siswa cenderung sama.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN REQUESTen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REQUEST (RESUME, QUESTION, INVESTIGATION, SOLUTION, PRESENTATION) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record